Tutorial Penjelasan Membuat Halaman atau Fanspage di Facebook

Laman atau fanspage pada facebook ini adalah berbeda dengan facebook profile biaya yang digunakan banyak orang. Jika anda ingin mengembangkan brand image dari suatu bisnis, organisasi, usaha, atau perusahaan laman atau fanspage adalah pilihan tepat untuk anda gunakan. Lantas apa bedanya facebook profil dengan laman facebook, ? jelas beda. Berikut Penjelasannya:

  1. Jika facebook profile biasa itu untuk pribadi atau individu, maka laman atau halaman facebook itu bersifat komunitas dengan jangkauan lebih luas.
  2. Jika facebook profile tidak bisa memasang iklan di facebook, maka jika anda memiliki halaman, akan ada menu untuk membuat iklan anda di facebook.
  3. Jika facebook profile itu tidak bisa akses fitur-fitur di Meta Bisnis Suite yang dimiliki facebook, beda dengan halaman facebook semua akses fitur di Meta Bisnis Suite dapat dengan mudah diakses, bahkan langsung terkoneksi dengan meta milik facebook.
  4. Facebook profile itu untuk kalangan pribadi saja, sedangkan halaman untuk berbagai keperluan secara bersama, karena aksesnya dapat mengkoneksikan akun facebook profile biasa dengan berbagai level user pengakses yang berbeda-beda tergantung admin yang mengelolanya.
  5. Facebookk profil itu untuk pribadi dan hanya individu yang memiliki user dan pasword yang bisa aksesnya seperti posting, upload gambar, video dan sebagainya, sedangkan halaman bisa dikelola bersama oleh beberapa akun, sehingga kerjasama dalam suatu manajemen sosial media itu bisa dikelola oleh beberapa staff (sesuai kebutuhan). Jadi jika si staf A tidak sempat publish dilakukan Staf B. Bahkan jika pun ada kesalahan publish si C bisa menarik atau memperbaharui postingan dari staf A atau B. Sedangkan pimpinan dalam halaman facebook ini bisa diposisikan sebagai pengawas sosmed anda sesuai level yang digunakan. Ya memang harus punya facebook profile juga.

Itulah dia beberapa penjelasan perbedaan antara facebook profile dengan facebook halaman. Sarannya jika sosial media Facebook itu digunakan oleh suatu lembaga, instansi, perusahaan atau unit bisnis sebaiknya menggunakan fanspage atau halaman facebook sebagai wajah atau brand di media sosial facebook.

Nah…selanjutnya penulis akan membuat tutorial sederhana dalam membuat fanspage atau halaman facebook ini bisa diikuti oleh pembaca bagi yang ingin membuatnya sebagai branding suatu usaha atau instansi anda masing-masing.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan login di facebook profile biasa anda seperti biasa. Kemudian cari menu HOME atau icon berbentuk Rumah. Nanti di sidebar atau bilah kiri atau kanan sesuai tampilan facebook anda akan muncul menu Halaman, atau Pages ( tutorial ini menggunakan komputer atau pc)

Klik pada halaman, jika memang berbahasa indonesia, jika english muncul Pages.

  1. Kemudian pada bilah samping muncul menu Buat Halaman Baru. Klik
  1. Jika sudah klik maka muncul tampilan berikut dimana anda dapat mengisi berbagai formulir halaman yang dibutuhkan.

Informasi Halaman adalah Nama Halaman yang dibuat sesuai nama brand anda atau nama instansi yang ingin anda buat. Kategori ini adalah isian wajib, Contoh jika Sekolah maka tuliskan Pendidikan, atau Education, nantinya akan muncul pilihan sesuai dengan kategori pada daftar listnya. Keterangan ini adalah deskripisi dari halaman anda. Bisa berupa gambaran singkat profile atau penjelasan halaman anda.

Jika sudah mengisinya, secara otomatis akan muncul pada tampilan di samping preview dari halaman yang ingin anda buat. Adapun gambar belum muncul jika belum mengklik Buat Halaman. Jadi silahkan lanjutkan dengan klik Buat Halaman

  1. Jika sudah klik Buat Halaman maka muncul isian lagi di bawahnya untuk upload logo atau gambar dari brand halaman yang anda buat. Serta ada juga upload Foto Cover halaman yang ingin anda buat. Sebagaimana tampilan di bawah ini penulis sudah upload Cover Foto Facebook.

Jika sudah melangkapi isian di atas, silahkan selanjutnya klik tombol simpan. Maka secara sederhana halaman anda telah dibuat. Halaman yang anda buat ini akan meminta nomor handphone dan melengkapi data-data informasi dari laman yang anda buat.

  1. Jika sudah memfevifikasi nomor hp anda untuk halaman atau bisa diabaikan saja. Maka langkah selanjutnya adalah mengisi nama pengguna,

Nama pengguna ini gunanya adalah sebagai brand name untuk halaman facebook anda. Jika ingin menampilkan hal ini pada spanduk, atau jika ditanya orang apa nama facebooknya nama pengguna ini adalah sebuah nama ringkas yang bisa anda sebutkan atau anda sebutkan.

Jika anda klik maka muncul kotak isian untuk nama pengguna, saran dari penulis nama ini dituliskan dengan huruf kecil semuanya. Hindari menggunakan karakter seperti – (min) _ (underscore) atau hastaq # pada nama tersebut. Buatlah nama yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Jika berupa singkatan buat singkatan yang melambangkan identitas dari organisasi, instansi atau peruhaan anda.

  1. Setelah membuat nama pengguna silahkan untuk mengatur tombol halaman depan.

Mengatur tombol ini adalah untuk pengunjung yang ingin menghubungi instansi anda. Bisa dengan nomor WhatsApp, pesan langsung, atau melalui kirim email. Tombol ini bisa digunakan misalnya untuk pendaftaran mahasiswa bagi universitas atau perguruan tinggi jika menggunakan link pendaftaran. Tombol ini dapat diubah sewaktu-waktu dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Selanjutnya silahkan diatur juga beberapa kebutuhan data untuk halaman anda

Kebutuhan data ini dengan mengklik tombol Lengkapi Halaman Anda, Kamu bisa juga mengkoneksikan dengan instagram di Meta dimana anda bisa sekali posting pada facebook dan instagram sekaligus. Nah untuk posingan anda bisa coba Buat Postingan. Lebih lanjut silahkan bereksperimen dan coba-coba dulu. Karena penjelasan penulis tentang membuat halaman facebook ini cukup sampai disini dulu ya… Jika ada pertanyaan silahkan isi dikomentar.