Tutorial Menulis Mudah dengan Tool SpeechTexter

Perkembangan zaman yang semakin canggih di masa ini telah memberikan kemudahan bagi kita dalam berbagai bidang. Dalam hal ini penulis ingin berbagi informasi tentang trik menulis mudah, tidak menggunakan jari-jemari yang terus menari di atas keyboard dalam meluapkan ide dalam pikiran, tetapi cukup mendiktekan saja dan copy paste di MS Word. Ada sebuah website menyediakan ini lebih praktis dan mudah bagi anda penulis, mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas, serta para dosen penulis jurnal. Mungkin solusi ini ada pada google dengan Google Doc sudah bisa. Namun ada kendala dalam menentukan titik, koma, atau tanda baca lainnya. Terkadang kita harus buat secara manual pada baris paragraf yang kita tuliskan.

Menggunakan SpeechTexter ini tentunya sudah ada tool dikte yang bisa secara otomatis menulis tanda baca tersebut dengan cukup mengucapkan saja. Misal kita mendiktekan hingga pada baris kalimat yang ditutup dengan titik. Cukup mudah cukup ucapkan saja titik, maka secara otomatis muncul titik pada hasil dashboar ketikannya. Amazing.

Tampilan antarmuka SpeechTexter

Jika diperhatikan hal di atas, ada commant atau perintah titik, menghasilkan tanda baca titik, atau garis miring serta berbagai tanda baca lainnya.

Tutorial Penggunaan

Adapun langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka URL https://www.speechtexter.com/
  2. Kemudian pilih bahasa yang akan anda gunakan. Ada berbagai bahasa yang bisa dipilih dengan klik pada menu bahasa atau gambar bendera di atas.
  3. Silahkan klik tanda icon speech / microphone tersebut, jika muncul tanda notifikasi di sebelah kiri atas izin untuk menggunakan browser makan klik izinkan atau allow jika browser anda dalam bahasa Inggris.
  4. Silahkan berbicara dengan suara jelas setalah anda mengklik icon mic, mic akan aktif dengan adanya warna orange dan klik kembali jika ingin menonaktifkannnya.
  5. Jika teks sudah muncul dan dirasa sudah cukup silahkan anda tandai atau block semua text kemudian klik kanan copy di mouse, kemudian anda bisa mempastekan text tersebut pada MS. Word. Atau dengan mengklik icon copy pada samping kiri icon mic.
  6. Jika tulisan anda sudah selesai menulis dengan dikte, tulisan bisa didownload dalam bentuk doc atau ms word atau bentuk text. seperti tampilan di bawah ini.
Tampilan Download untuk Hasil Text SpeechTexter

Deskripsi Program

SpeechTexter adalah aplikasi ucapan-ke-teks multibahasa gratis yang ditujukan untuk membantu Anda dengan transkripsi semua jenis dokumen, buku, laporan, atau posting blog dengan menggunakan suara Anda. SpeechTexter memungkinkan penambahan perintah suara khusus untuk tanda baca dan beberapa tindakan (undo, redo, buat paragraf baru). Tingkat akurasi yang lebih tinggi dari 90% harus diharapkan. Ini bervariasi tergantung pada bahasa dan pembicara.

SpeechTexter digunakan setiap hari oleh siswa, guru, penulis, blogger di seluruh dunia. Perangkat lunak suara-ke-teks sangat berharga bagi orang-orang yang mengalami kesulitan menggunakan tangan karena trauma, penderita disleksia, atau disabilitas yang membatasi penggunaan perangkat input konvensional.

Ini akan membantu Anda meminimalkan upaya menulis Anda secara signifikan. Ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mempelajari pengucapan kata-kata yang tepat dalam bahasa asing, selain membantu seseorang mengembangkan kefasihan dengan keterampilan berbicara mereka. Tidak diperlukan pengunduhan, penginstalan, atau pendaftaran. Cukup klik tombol mikrofon dan mulailah mendikte.

Fitur Aplikasi

  • Pengenalan ucapan berkelanjutan waktu-nyata yang kuat
  • Pembuatan catatan teks, email, penulisan buku, posting blog atau laporan.
  • Perintah suara khusus
  • Lebih dari 70 bahasa didukung
  • Meningkatkan produktivitas
  • Membantu penderita disleksia dan kesulitan mengetik lainnya
  • Meningkatkan pengucapan bahasa asing
  • Mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda

Daftar bahasa yang didukung

Afrikaans, Albania, Amharik, Arab, Armenia, Azerbaijan, Basque, Bengali, Bosnia, Bulgaria, Burma, Katalan, Cina, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Galicia, Georgia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Jawa, Kannada, Kazakh, Khmer, Korea, Lao, Latvia, Lituania, Makedonia, Melayu, Malayalam, Marathi, Mongolia, Nepali, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis, Punjabi, Gurmukhi, Rumania, Rusia, Serbia, Sinhala, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Sunda, Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Uzbek, Vietnam, Zulu.

Aplikasi ini tentu sangat berguna bagi anda jika anda seorang mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau sedang menulis tugas mata kuliah anda. Kegunaan aplikasi ini juga tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk para dosen yang ingin menulis. Tentunya ini sangat memudahkan cukup dengan mendiktekan saja anda sudah bisa menulis

Kesimpulannya aplikasi ini adalah cocok bagi Anda yang suka menulis nulis bagi Anda yang ingin mengutarakan Apa yang anda pikirkan. Di mana jemari Anda tidak akan capek berada diatas keyboard cukup menyampaikan saja melalui bahasa yang baik. Maka apa yang ada di pikiran anda sudah dituliskan oleh Nya yaitu siapa dia yang ada di depan Anda silakan buka dan berikan komentar Jika anda ingin memberikan pertanyaan seputar aplikasi tersebut atau dapat berkunjung langsung ke websitenya. terima kasih.