Tutorial dan Cara Penulisan Berita Liputan Suatu Kegiatan

Ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu berita dan apa isi beritanya sebelum Anda belajar menulis berita yang baik dan benar. Hal pertama yang harus dipahami adalah pentingnya berita. Berita pada dasarnya adalah sebuah artikel yang berisi informasi bagi pembacanya. Berita biasanya mencakup topik tradisional dalam berita seperti perang, pemerintah, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, bisnis, ekonomi, mode, hiburan, acara olahraga, peristiwa unik, dan peristiwa yang tidak biasa. Namun kali ini yang akan dibahas oleh penulis adalah tentang berita liputan suatu kegiatan.

Format ini merupakan urutan dalam menulis berita yang selayaknya ada di dalam narasi berita:

1. Judul Berita

Judul berita ini adalah judul yang semenarik mungkin sehingga pembaca paham dan penasaran untuk membacanya. Jika judul berita kegiatan itu biasa-biasa saja maka akan mengurangi rasa ketertarikan terhadap berita.

2. Lead Berita (teras berita)

Biasanya diawal narasi ada hari tanggal, titik. Contoh: Senin, 12/06/2022. Ada juga berita dengan menambahkan lokasi berita. Lead (teras) berita adalah paragraf pertama yang memuat tentang:
a. Siapa (who) pelaksana/orang/organisasi ?
b. Apa (what) nama kegiatannya atau kegiatan apa yang dilakukan?
c. Dimana (where) kegiatan itu dilaksanakan?
d. Apa (what) Tujuan Kegiatan pelaksanaan?

Keempat sudut pandang di atas adalah tidak baku. Jika memang sudut pandangnya adalah who sebagai pembuka narasi dari lead maka lebih condong pada orang/kelompok/organisasi/lembaganya disebutkan di awal narasi berita. Jika what menjadi sudut awal narasi berita, maka memuat tentang nama kegiatan tersebut. Sama halnya dengan where dan what yang bertujuan. Perlu dipahami bahwa lead berita ini menentukan judul berita di awal. Jika sudut pandang berbeda maka judul berita juga nantinya akan berpengaruh.

Pembahasan ini, penulis hanya menyajikan contoh yang berurutan sesuai pada point a hingga point d dari penjelasan di atas. Contoh judul dan narasi lead berita:

DEMA TURUT AKTIF PROMOSIKAN PMB TAHUN 2022 MELALUI SOSIAL MEDIA
Senin, 12/06/2022. Dema IAIN Padangsidimpuan turut aktif dalam kegiatan promosi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 melalui sosial media facebook dan instagram dalam rangka meningkat minat calon pendaftar di program studi langka peminat.

3. Badan (body) Berita

Ini merupakan informasi lanjutan dari teras berita. Berita akan dibahas lebih rinci secara keseluruhan pada bagian ini. Penggunaan why pada badan berita sebagai pembuka narasi setelah dituliskan lead berita. Biasanya pada paragraf pertama pada body berita.

Why (kenapa) kenapa kegiatan itu dilaksanakan?

Contoh:

Menurut Muhmmad Sarkawi Siregar, Ketua DEMA IAIN Padangsidimpuan kegiatan ini bagian dari dukungan dema dalam mensukseskan promosi yang dilaksanakan Humas kepada masyarakat terutama program studi yang memang banyak orang yang belum tahu seperti apa kualitas dari lulusan program studi tersebut.
“Mahasiswa harus menjadi pionir dalam memperjuangkan dan menggait mahasiswa sebanyak-banyak untuk kuliah. Dema saat ini melihat bahwa banyak calon mahasiswa ternyata tidak banyak informasi tentang program studi tersebut. Hal ini tentunya adalah tugas kami sebagai perpanjangan tangan kampus untuk menyampaikannya. Kami mengajak seluruh mahasiswa agar aktif di sosial media menshare dan memberikan komentar penjelasan apa bila ada feedback dari audience.” terangnya kepada humas saat di wawancarai.

b. How (bagaimana) kegiatan itu dilaksanakan?

Contoh:

Lebih lanjut ia menginstruksikan bawahannya di DEMA IAIN Padangsidimpuan agar menjadi agen dalam menshare melalui instagram dan facebook setiap harinya. Selain itu ketua dema yang baru semester 6 itu, juga aktif dalam membuat konten-konten seputar penerimaan mahasiswa baru di IAIN Padangisimpuan. Bersama tim kreatif dan bimibingan dari Koordinator Humas dan Informasi mereka bekerja secara bersama……………………….lanjut hingga akhir.

4. Kaki berita

Kaki adalah akhir dari sebuah narasi berita adalah menampilkan informasi tambahan, dan tidak memengaruhi isi teks berita secara keseluruhan. Contoh:

Diketahui bahwa Sarkawi sapaan akrabnya, terpilih sebagai ketua DEMA pada 2022. Ia memiliki kemampuan di bidang sosial media manager. Konon ia juga pernah menjadi pengelola sosial media suatu organisasi dan anggota calon walikota terpililh yang sekarang.

Demikian penjelasannya semoga dapat meningkatkan kualitas berita anda setiap saat.