/Tiga Kesempatan Menuju Perguruan Tinggi: Janganlah Berpaling dari Melanjutkan Pendidikan

Tiga Kesempatan Menuju Perguruan Tinggi: Janganlah Berpaling dari Melanjutkan Pendidikan




Mungkin postingan kali ini ingin mengajak anda untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. ya….khusus bagi anda yang mendekati tamat SMA/MA/SMK Sederajat, terutama bagi anda yang mondok di pesantren. Kuliah adalah jalan terbaik sebenarnya bagi anda. Kenapa demikian karena kuliah adalah jalan menuntut ilmu lebih tinggi. Jalan menuju kesuksesan secara pribadi dan keduniaan. Perlu kita sadari bahwa di masa SMA/MA kita didik oleh guru dengan sebaik-baiknya, namun percayalah itu masih belum cukup, sebab pendidikan di tingkat tersebut adalah penanaman ilmu pengetahuan. Jika dianalogikan sebuah tanaman ini masih belum berbuah namun sudah mekar dan tumbuh dengan baik. Di perguruan tinggi dianalogikan seperti sebuah tanaman yang belum berbuah, maka dosen sebutan guru di perkuliahan akan memupuk untuk bisa menghasilkan buah dan mekarnya bunga.

Maksudnya adalah kerangka berpikir anda…. Jika dimasa kuliah metode pembelajaran harus sesuai dengan arahan dan pengetahuan ditransfer dari guru ke murid. Berbeda dengan perkuliahan di pendidikan tinggi guru mengajak anda untuk berpikir, memupuk pohon keilmuan anda agar tumbuh dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Justru inilah yang menjadi tujuan kita untuk melanjutkan pendidikan, bukankah nantinya akan berguna bagi diri sendiri, keluarga, agama, masyarakat, dan bangsa ini. Kita memang tidak mau menjadi manusia yang dianggap sampah karena kebodohan kita dari segi pemikiran. Ingat bahwa pendidikan di tingkat perkuliahan adalah pendidikan hati dan pikiran. Keduanya harus seimbang sehingga menghasilkan suatu perubahan sikap dan mental anda menjadi paripurna.

Inilah niat dan maksud awal dari melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Janganlah kita melihat bahwa orang yang ingin kuliah untuk mencari pekerjaan. Kulah dulu, berilmu dulu, berkarya dulu, dan tunggu perkerjaan akan datang, jika datang maka anda yang akan menciptakan pekerjaan anda dengan kreativitas berpikir yang telah anda pelajari nantinya di perkuliahan.

Begitu banyak orang yang telah kuliah dan mengecam pendidikan di perguruan tinggi mengalami pengangguran, janganlah sebab itu, anda berpikir bahwa melanjutkan pendidikan tidak bermanfaat, “Jangalah berpaling dari pendidikan”. Mereka yang mengecam dunia perkuliahan namun tak memiliki pekerjaan adalah kesalahan niat dalam melanjutkan pendidikan, atau mungkin rezki karena kurangnya pendidikan rohani yang didapatkan sehingga mental silaturrahim tidak dijalin. Ada dua ujung tombok yang akan nantinya anda lalui, menjadi pekerja atau pemberi kerja. Jika menjadi pekerja siap-siap untuk memiliki skill pekerja, jika anda menjadi pemberi kerja siap-siap untuk menjadi mental pemimpin dan skill untuk membuka pekerjaan.

Sekian dulu untuk kali ini motivasinya ya…adik-adik yang siap kuliah. Informasi tambahan telah dibuka pendaftaran kuliah di IAIN Padangisdimpuan melalui tiga jalur SPAN-PTKIN dimana ini sudah berakhir pengisian PDSSnya oleh sekolah. Jika memang tidak memiliki harapan nantinya lulus melalui jalur tersebut, masih ada harapan jalur UM-PTKIN menanti anda. Jika tidak lulus juga silahkan datang dan berkunjung ke IAIN Padangisidmpuan, atau buka websitenya masih ada jalur ketiga UM-LOKAL IAIN PSP.

Jangan Berpaling dan Jangan Putus Harapan Karena TIGA KESEMPATAN masih terbuka….

SPAN-PTKIN Tidak Lulus

UM-PTKIN Menanti anda TIDAK LULUS JUGA

UM-MANDIRI LOKAL IAIN Padangsidimpuan Menanti Anda….Insya ALLAH Lulus…..

Bagikan Artikel ini