Sambal Tuk Tuk Kuliner Khas dari Padang Sidimpuan

Kuliner dari Padang Sidimpuan memang berbeda dari daerah lainnya. Terutama dalam hal rasa pedas, apalagi namanya Sambal Tuk Tuk. Kata sambal memang sudah biasa kita dengar sehari-hari. Dipikiran kita selalu muncul cabe yang menjadi bahan utama. Jika disebut cabe tentunya identik dengan pedas. Kuliner yang akan kami bahas kali ini adalah Sambal Tuk Tuk, sebuah makanan yang sudah ada sejak zaman dahulu di bumi Tapanuli Selatan ini. Memang setiap daerah di Sumatera Utara berbeda dalam menyajikan sambal yang satu ini. Inilah yang akan penulis deskripsikan tentang sambal Tuk Tuk Khas Padang Sidimpuan.

Sambal Tuk Tuk ini adalah nama kuliner yang membudaya di masyarakat Tapanuli Bagian Selatan. Di rumah-rumah sering dihidangkan sebagai pelengkap dari sajian makanan setiap hari. Kata Tuk Tuk adalah bahasa Batak, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya ulek dimana maksudnya adalah alat dari kayu atau batu untuk melumatkan cabai, rempah-rempah, dan sebagainya pada cobek. Jadi memang Sambal Tuk Tuk ini diulek di atas cobek dengan menggunakan batu. Rasanya menjadi khas pedas dan jika memang di ulek dengan alat blender memang tidak sama rasanya meski bahannya sama.

Tampilan salah satu jenis Sambal Tuk Tuk yang di Ulek di atas Cobek

Sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), tapi jika tidak menemukan ikan tersebut bisa diganti dengan ikan teri tawar. Di Tapanuli Selatan, sambal tuktuk dibuat dari cabai merah yang ditumbuk dengan ikan gadapang, jenis ikan air tawar di sungai-sungai Tapanuli Selatan. Sebelum ditumbuk, ikan gadapang ini dibakar atau dipanggang. Setelah kering, daging ikan dipisahkan dari durinya. Daging ikan yang kering ini kemudian ditumbuk bersama cabai merah dan diberi perasan jeruk nipis. Biasanya sambal tuktuk ini dimakan bersama lalapan seperti daun ubi.

Resep Sambal Tuk Tuk Padang Sidimpuan

Adapun persiapan pembuatannya resepnya adalah dengan bahan-bahan berikut ini:

  1. Cabe Segar 100 gram bisa menggunakan cabe merah, atau cabai hijau.
  2. Bawang Merah 3 Biji / Siung
  3. Bawang Putih 1 Biji / Siung
  4. Ikan Aso Aso Kering ( Semacam Ikan Gembung yang sudah dikeringkan, atau juga bisa dengan menggunakan jenis ikan asin)
  5. Jeruk Nipis Secukupnya
  6. Garam Secukupnya

Cara Pengolahanya

Adapun pengolahan agar bisa memenuhi rasa khas Sambal Tuk Tuk Padangsidimpuan ini harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Bersihkan dan cuci cabe kemudian tiriskan sebentar, kemudian letakkan cabe di atas gilingan cobek untuk siap diulek.
  2. Tambahkan garam secukupnya, kemudian mulailah dengan mengulek secara perlahan-lahan hingga cabe lumat setengah lumat.
  3. Ikan aso-aso dibakar hingga terasa baunya, dan matangnya tidak sampai gosong ya…Kemudian ikan dibasuh pakai air sekaligus dirobek-robek ikannya agar mudah dilumat serta dibuah tulang dan kepala ikan.
  4. Campurkan ikan yang sudah dibasuh tadi ke dalam cabe yang sudah diulek bersama dengan bawang merah dan bawah putih yang sudah dibersihkan.
  5. Kemudian giling semuanya kembali di cobek hingga sedikit agar halus, dimana masih nampak potongan dari ikan yang sudah dilumatkan dengan cobek tersebut.
  6. Jika sudah rasa lumat, silahkan coba rasa, apakah garam masih kurang, atau tidak. Jika rasa sudah pas, siap dihidangkan di atas piring kecil dengan membetuk bulat.
  7. Langkah terakhir, perasan air jeruk nipis di atas sambal yang sudah ada secukupnya.
Hasil Sambal Tuk Tuk Padangsidimpuan

Menu yang cocok bersama Sambal Tuk Tuk

Sambal Tuk Tuk ini sangat cocok bersama dengan Nasi Putih, Sayur Bening Daun Ubi, Daun Pepaya, Bunga Pepaya, Daun Ubi Tumbuk, Sayur Pakis, atau sayur-sayuran yang sifatnya di rebus. Lebih nikmat jika ada sewaktu menyantapnya bersamaan juga dengan Ikan Asin bakar, Ikan Bakar, atau menu yang sifatnya dipanggang. Cara memakannya atau menikmati hidangan ini pada prinsipnya adalah dengan memakan sambal Tuk Tuk ini perlahan-lahan, Rasa pedas asin asam menyatu dalam rasa bersama nasi, sayur dan menu lainnya. Jika memang menghidangkan sambal tuk tuk ini baiknya dengan rebusan sayur, tidak cocok sebenarnya dengan gulai-gulai yang sifatnya santan pedas. Kalau sayuran rebusan menggunakan santan atau disebut gulai santan manis ini cocok.

Kesimpulan

Menikmati Sambal Tuk Tuk ini sebenarnya menjadi tradisi yang kuliner yang ada di Padang Sidimpuan pada rumah masyarakat. Memang sambal tuk tuk jenis ini menjadi khas dari Padangsidimpuan, namun jarang dijumpai pada Rumah Makan di Padang Sidimpuan.