/Prospek Lulusan dari Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam di IAIN Padangsidimpuan

Prospek Lulusan dari Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam di IAIN Padangsidimpuan




Kalau kita buka span-ptkin, um-ptkin, atau spmb lokal di kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, biasanya ada program studi KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM. Tidak terkecuali dalam penjelasan kali ini kami ingin menginformasi tentang sebuah kampus yang berada di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan, tepatnya di Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara. Kampus ini adalah program studi Komunikasi Penyiaran Islam, biasa mahasiswanya dipanggil dengan “anak KPI”. Lantas apa keunggulan dari prodi ini dan apa saja yang mereka pelajari, kok KPI ya….gak prodi lain, Sabar…..nanti akan ada review prodi lainnya.

Program studi Komunikasi Penyiaran Islam merupakan bagian dari prodi di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan. Prodi ini dulunya dikenal “Jurusan Dakwah”, pada masa itu, masih STAIN Padangsidimpuan. Sekarang sudah ada beberapa prodi lainnnya. Jika dilihat dari websitenya yang beralamat URL: https://fdik.iain-padangsidimpuan.ac.id/ dapat dilihat informasinya lebih tentang berbagai program studinya.

Baca Juga: Daftar dan Kuota Program Studi di IAIN Padangsidimpuan Tahun 2022

Visi, Misi, Tujuan dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam

VisiUnggul dalam pengembangan Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam berbasis ICT dan kearifan lokal di Indonesia pada tahun 2024 untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Penyiaran Islam (Tabligh)
MisiMelaksanakan pendidikan dan pengajaran ilmu komunikasi dan tabligh/ penyiaran Islam yang unggul dan integratif-interkonektif berbasis ICT dan kearifan lokal;Mengembangkan penelitian di bidang komunikasi dan tabligh/ penyiaran Islam dengan pendekatan inter-konektif/ multidisipliner berbasis nilai-nilai historis dan budaya lokal;Meningkatkan partisipasi pengabdian kepada masyarakat dalam rangka tabligh/ penyiaran Islam;Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait dengan optimalisasi pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi;Melakukan pembinaan akhlak, kreativitas dan life skill mahasiswa agar menjadi teladan dan berprestasi dalam kehidupan bermasyarakat;Menjamin mutu lulusan dan tata kelola yang baik.
  TujuanMenghasilkan lulusan yang menguasai teori-teori dakwah (tabligh), komunikasi dan jurnalistik Islam, serta mampu memanfaatkan media komunikasi sebagai media tabligh;Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas dan aplikatif dalam bidang tabligh;Menghasilkan lulusan yang memiliki akhlak al-karimah, kreatif, dan memiliki life skill, serta mampu berperan aktif dalam kegiatan dakwah Islam ditengah-tengah masyarakatMenghasilkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka optimalisasi pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi.

Itulah sebuah gambaran tentang cita-cita atau disebut visi dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam yang ada di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAINI Padangsidimpuan yang dikutip dari Renstra Fakultas yang dapat di akses pada https://fdik.iain-padangsidimpuan.ac.id/renstra-fdik-2020-2024/. Jika dilihat secara mendasar, program studi ini untuk memberikan pendidikan tentang keilmuan di bidang dakwah, komunikasi dan jurnalistik sebagai modal keilmuan bagi para mahasiswa. Sehingga dengan ketiga modal ilmu yang terintegrasi dalam diri mahasiswa (anak KPI) nantinya setelah lulus bisa menjadi dai, penyuluh agama, praktisi media, tenaga kehumasan dan berbagai jenis pekerjaan di bidang media dan jurnalis. Inilah sebuah program pendidikan yang ditawarkan oleh prodik KPI di IAIN Padangsidimpuan.

Namun semua itu, harus kita ingat bahwa tergantung usaha anda sebagai calon mahasiswa dan rezeki dari Allah Swt soal pekerjaan nantinya setelah lulus. Akan tetapi ingat bahwa ketika kita berusaha untuk belajar dan menuntut ilmu, insya Allah pasti jadi orang yang berilmu. Jika memang ingin menjadi orang yang berilmu harusnya rajin dan tekun menuntut ilmu. Biasanya jika sudah berilmu kemudahan rezeki akan datang. “Siapa yang ingin dunia harus dengan ilmu siapa yang ingin akhirat harus dengan ilmu” Hadis.

Daftar Mata Kuliah yang Dipelajari di Komunikasi Penyiaran Islam

Untuk menyegarkan anda yang ingin kuliah di Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam yang ada di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, perlu diinformasikan bahwa mata kuliah yang berkaitan dengan prospek lulusan dari KPI.

Prospek LulusanMata Kuliah yang berkaitan
1. Dai dan Muballigh

Mahasiswa yang
dapat mempelajari dan menguasai
berbagai mata kuliah yang ada
dan lulus nantinya akan dapat
menjadi penyuluh agama Islam,
ustazd pendakwah, dan juga
bekerja di berbagai instansi
pemerintah di bidang keagamaan.
1. Ilmu Dakwah
2. Sejarah Dakwah
3. Psikologi Dakwah
4. Filsafat Dakwah
5. Retorika dan public speaking
6. Dakwah Multimedia
7. Islam dan Budaya Tapanuli
8. Metode Dakwah
9. Fiqh Ibadah
10. Fiqh Munakahat
11. Wawasan Komunikasi Dalam Al-Qur’an
2. Praktisi  Komunikasi dan 
Penyiaran Islam

Mahasiswa diharapkan dapat menguasai
mata kuliah yang berkaitan dengan
ilmu sosial, komunikasi dibarengi
dengan pengetahuan agama yang
kontemporer dapat membangun
akademik mahasiswa sebagai
praktisi komunikasi penyiaran Islam.
Kecenderungan mata kuliah ini menekankan
pada bidang akademik, layaknya peneliti,
dosen, pengajar, penyuluh agama.
1. Patologi Sosial
2. Ilmu Sosial Dasar
3. Ilmu Tauhid
4. Akhlak tasawuf
5. Tafsir I
6. Tafsir II
7. Pengantar Ilmu Fiqh
8. Sejarah Peradaban Islam
9. Hadis
10. Ulumul Hadits
11. Ulumul Qur’an
12. Metode Studi Islam
13. Sosiologi
14. Fiqh kontemporer
3. Advokasi Kebijakan Media

Mahasiswa dengan menguasai berbagai
mata kuliah tersebut akan mampu memahami
ilmu komunikasi. prospek mata kuliah ini adalah
merupakan kompetensi bidang kemampuan
akademik dan praktek. Advokasi kebijakan
media yang dimaksudkan dimana mahasiswa
yang menguasai mata kuliah ini nantinya
dapat membangun media, bekerja di media
sebagai konsultan media advertising, konsultan
branding, politik dan kehumasan di
institusi dan perusahaan.
1. Manajemen Publik Relation
2. Publik Relation
3. Etika Kehumasan Publisitas
4. Teori-teori Komunikasi
5. Ilmu Komunikasi
6. Komunikasi Antar Pribadi
7. Komunikasi Antar Budaya
8. Sosiologi Dakwah dan Komunikasi
9. Komunikasi Politik
10. Kewirausahaan Event Organizer
3. Jurnalis

Mahasiswa dengan dibekali berbagai mata kuliah
ini akan mampu memahami dunia jurnalitik.
Kemampuan ini nantinya akan menjadi modal
baginya dalam berkarir, membangun media
(pimpinan media massa), dan bekerja di media
massa sebagai wartawan, penulis naskah
perfilman, sutradara dan masih banyak lagi,
berbagai mata kuliah ini ditujukan untuk
mengembangkan kompetensi
dan kemampuannya di dunia jurnalis.

1. REWA (Reporting Editing Writing Advertising)
2. Teknik Wawancara Lobi dan Diplomasi
3. Etika Profesi Jurnalistik
4. Menajemen Pers dan Grafika 
6. Jurnalistik Broadcasting
7. Produksi Siaran Radio TV dan Flim
8. Sinematografi
9. Komunikasi Organisasi
10. Psikologi komunikasi
11. Sosiologi Teori-teori Komunikasi
12. Ekonomi politik media

Secara Umum prospek lulusan dari mahasiswa prodi KPI ini pada intinya ada 4 yaitu Dai atau Muballigh, Praktisi Komunikasi, Advokasi Kebijakan Media, dan Jurnalis. Jadi apa yang anda minati dan sudah diimpikan, pesan penulis, tanamkan niat karena Allah Swt, untuk menuntut ilmu, memperkaya diri dengan pengetahuan. Insya Allah semoga bisa menjadi mahasiwa di Program Studi Komunikas Penyiaran Islam FDIK IAIN Padangsidimpuan.

Demikianlah Tulisan kali ini semoga bermanfaat dan ikuti perkembangan seputar Komunikasi Penyiaran Islam FDIK IAIN Padangsidimpuan melalui websitenya.

Bagikan Artikel ini