Pesona Batagor Jajanan Khas Sunda yang Melengenda

Pertama kali jalan-jalan ke Bandung mengikuti perhelatan Pesona I PTKN se-Indonesia menjadi kesempatan untuk menjajali Kuliner terkenal di Bandung yang namanya Batagor. Memang sering kita jumpai di berbagai kota di wilayah Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua ada penjual Batagor. Penjual Batagor biasanya dengan menggunakan gerobak sederhana dengan merk Batagor, Batagor Pak….ini, Batagor Bandung…Batagor Khas Bandung…dan macam-macam, jika berada di luar daerah Bandung. Ternyata…dibandung sendiri yang merupakan asal dari makanan ini, Batagor itu banyak dijual di restoran, rumah makan elit, hingga di kaki lima. Penulis tidak tahu ternyata setelah sampai ke Bandung, Batagor itu adalah jajanan elit tentunya dengan rasa Bintang Lima. Bercerita tentang batagor, bahwa kuliner asal Bandung ini adalah adalah kuliner yang dulu tercipta karena ketidaksengajaan.

Kalau kita searching di Wikipedia, dijelaskan bahwa Batagor ini dibuat dari tahu yang dilembutkan dengan berbagai cara, kemudian diisi dengan adonan berbahan ikan. Adonan tepung tapioka tersebut lalu dibentuk sedemikian rupa kemudian digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Kalau menurut sejarahnya bahwa penjual Batagor ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Konon katanya dibuat tahun 1968 pertama kali di Bandung. Kisahnya dulu bakso sangat populer, namun bakso yang tidak laku diolah lagi menjadi Batagor agar tidak rusak sehingga para pedagang tidak rugi dan tetap menjual baksonya yang tidak laku. Penjual saat itu, memiliki ide untuk menggiling bakso, memasukkannya ke dalam tahu, menggorengnya, dan menyajikannya dengan sambal kacang seperti siomay atau ngo hiang. Proses ini menjadikan penjual bakso dapat menciptakan hidangan baru bakso tahu goreng yang kemudian disingkat “batagor”. Inilah awal dari pembuatan Batagor dulunya. (Wikipedia)

Selama di Bandung beberapa hari, mengikuti beberapa event dan pertemuan yang dihadiri oleh berbagai orang dari seluruh penjuru daerah di Indonesia, ya…namanya Event Nasional, Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) ini, kuliner Batagor menjadi salah satu cicipan andalan yang banyak disukai oleh pengunjung. Kalau soal rasa, penulis sendiri merasakan ada perbedaan antara Batagor yang dijual di luar daerah Bandung dengan yang dijual di Bandung sendiri. Rasa manis pedas yang seimbang, serta rasa saus kacang yang seimbang dipadu dengan colekan renyak dari Batagor ini menyatu di lidah. Ini menjadi sebuah rasa yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Satu komentar dari saya enak dan beda rasanya.

Sebagi referensi bagi anda yang ingin ke Bandung dan bisa merasakan kuliner Batagor ini yang memang banyak model rasanya bisa googling.

  1. Batagor Kingsley di Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
  1. Batagor Riri di Jl. Burangrang No.41, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 
  1. Batagor Abuy di Jl. Lengkong Besar No.47, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat
  1. Batagor & Siomay Sanjaya Rasa di Jl. Simpang, Balonggede, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Demikian rekomendasi penulis terkait empat tempat yang ada di Bandung Barat tentang tempat jual Batagor yang sering dikunjungi dan populer. Mungkin banyak dari pembaca yang ingin berkunjung untuk menikmati jajanan khas Bandung yang satu ini. Semoga menjadi referensi untuk anda.