Momen Yang Harusnya Tidak Luput dari Kamera Photografer Saat Acara Wisuda

Pelaksanaan wisuda sarjana dan pascasarjana di perguruan tinggi itu adalah momen penting bagi seorang humas dan informasi atau kehumasan. Momen-momen berharga ini selayaknya harus dicatat oleh sang photografer dari humas atau panitia yang menunjukkan untuk dokumentasi kegiatan. Ditulisan sebelumnya memang yang saya bahas adalah ketika seminar di perguruan tinggi. Pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan momen-momen yang selayaknya tidak luput dari mata kamera seorang photografer dalam mendokumentasi kegiatan wisuda.

Berikut ini telah kami petakan dalam tabulasi yang menjadi contoh bagi para kehumasan di perguruan tinggi. Memang ini masih harus di sesuaikan dengan perguruan tinggi masing-masing ya…

NORANGKAIAN MOMENT PENTINGJENIS SHOOT KAMERAPENJELASAN
1.Senat dan Unsur Pimpinan bersiap-siap di Ruang Rektor atau ruang khusus untuk persiapan para rektorClose Up dan Long ShootBiasanya para senat dan unsur pimpinan bersiap-siap dalam suatu ruangan untuk menuju lokasi wisuda yang tidak jauh. Photografer dalam hal ini bisa melakukan shoot terhadap para senat yang sedang bersiap dan mereka kadang juga berfoto bersama sebelum berangkat. Hal ini memang menjadi momen penting untuk foto-foto dokumentasi nantinya di belakangan hari.
2.Senat dan unsur pimpinan yang berjalan menuju lokasi wisudaMedium dan  Long ShootPara unsur pimpinan yang shoot secara keseluruhan biasanya jalan berbaris dan kompak. Momen ini merupakan momen penting pra wisuda.
3.Senat dan unsur pimpinan memasuki dan duduk pada duduk yang disiapkan oleh panitia wisuda serta para undangan dan tamu yang hadirMedium dan Long ShootMomen ini suatu kesempatan bagi photografer menshoot para senat dan unsur pimpinan yang hadir sebagai pembuka dan juga bisa shoot para tamu dan suasana wisudawan serta orangtua yang hadir.
4.Pembukaan Sidang Senat TerbukaMediumMomen ini dimana Pandelmen dan MC telah membuka acara wisuda. Photografer bisa menshoot mereka dari jarak yang wajar dan sopan. Hal ini dimana photografer harusnya menempatkan diri dari jarak aman sehingga layaknya memiliki lensa kamera zoom
5.Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’anMedium, Close UpMomen ini dimana terkadang di beberapa universitas tidak ada, biasanya ada pada PTKIN saja. Photografer dalam momen ini menshoot yang membaca ayat.
6.Pembacaan Do’aMedium, Close Up, Long ShootMedium untuk menampilkan si pembaca doa dengan menampilkan para senat dan banner spanduk bisa memungkinkan. Long Shoot ini menampilkan para wisudawan yang sedang menengadahkan tangan serta para senat juga tidak luput dari shoot.
7.Menyanyikan Lagu Indonesia RayaLong Shoot, dan MediumLong Shoot ini menampilkan suasana para hadiri semuannya yang berdiri termasuk para tamu, wisudawan dan senat. Medium ini menampilkan shoot pada Dirijen yang mengarahkan para hadirin dalam menyannyikan lagu kebangsaan.
8.Menyanyikan Mars dan HymneLong Shoot, dan MediumBiasanya para hadiri tidak berdiri sebagaimana lagu kebangsaan. Fokus Photografi harus pada suasana secara keseluruhan  dengan long shoot. Kemudian medium shoot pada paduan suara.
9.Pemanggilan Wisuda Sarjana dan momen belakang layar serta kesempatan berkreasi di momen ini.Kondisional: Long shoot, Medium dan Close UpHal ini merupakan tergantung dari permintaan para panitia, jika panitia menekankan harus setiap wisudawan yang dipanggil pemindahan kucir oleh rektor dan dekan maka selayaknya menggunkan medium saja. Jika hanya menampilkan suasana saja gunakan long shoot serta mungkin bisa melihat momen-momen yang mengharukan, menggembirakan atau suasana orangtua ketika melihat anaknya yang sendang diwisuda.Shoot untuk hal ini bisa di kondisikan seperti medium dan close up.

Momen ini juga sebuah kesempatan untuk shoot beberapa hal persiapan di belakang layar, seperti persiapan para pembawa baki, MC pemanggil wisuda, dan juga para hadirin yang sedang menikmati acara.
10.Ikrar Setia para WisudawanMedium Right atau medium Left, Long shootPara wisudawan pada momen ini biasanya akan berdiri bersama memengang map. Dua orang perwakilan wisudawan maju ke depan membacakan dan diikuti oleh para wisudawan. Maka photografer bisa shoot dengan angle medium pada dua perwakilan tersebut dan juga shoot pada seluruh wisudawan yang sendang ikrar.
11.Pelantikan Wisudawan (Tradisi di beberapa kampus)Medium, Long ShootPada beberapa tradisi kampus terutama dimasa pandemi, sudah banyak mengubah prosesi wisuda yang lebih singkat. Dengan rektor membacakan pelantikan teks pelantikan wisuda saja. Sebagai sebuah simbol peresmian gelar sarjana dan magister ataupun doktor
11.Kata Sambutan mewakili wisudawan, rektor, tamu undangan khusus dan mewakili orangtuaMedium dan Long ShootShoot ini menampilkan siapa yang memberi sambutan, cukup sekali shoot dari dekat dengan medium, dari jauh mungkin long shoot dengan kesan bahwa yang memberi sambutan tersebut adalah di depan para hadirin.
12.Penutupan Sidang Senat TerbukaMedium dan Long ShootPenutupan ini juga memungkinkan para senat dan unsur pimpinan sudah berjalan keluar dari ruang prosesi wisuda. Momen ini dishoot dengan menampilkan long shoot seluruh senat dan para tamu dan rombongan yang sedang berjalan keluar.

Hal-hal perlu diperhatikan

Seorang photografer dalam acara wisuda tidak boleh dalam prosesi tersebut berdiri di depan para tamu undangan dengan membelakanginya. Silahkan shoot juga para tamu undangan dari samping mereka. Latar depan adalah hal yang terlihat tidak sopan apalagi ada kameramen lain yang melalukan live streaming atau acara tersebut disiarkan secara langsung. Namun ada momen-memon tertentu yang tidak bisa dihindari untuk seorang photografer maju ke atas panggung, atau sekitar panggung depan. Seperti penyerahan secara simbolis bantuan, penghargaan, dan pemberian tanda cinderamata atau semacamnya. Hal ini juga menuntut para photografer harus lihat dalam mengambil posisi yang tepat dan sopan tanpa menutup kemeramen lain di belakangnya.

Prosesi wisuda dari setiap universitas memang berbeda-beda karena hal tersebut adalah hal yang wajar dan memang tidak semuanya sama. Namun secara konsep mendasar yang disampaikan di atas adalah mungkin menjadi modal awal bagi photografer pemula dalam melaksanakan dokumentasi wisudawan. Demikian terima Kasih jika ada pertanyaan dan jawaban silahkan di kolom komentar.