Main Game di Google Play Game Tanpa Emulator Android pada PC dan Laptop

Google Play Game adalah adalah aplikasi yang mulanya adalah aplikasi yang hanya bisa didownload di android melalui aplikasi Play Store milik google. Sekarang rilis terbaru bahwa telah muncul sebuah aplikasi google play game yang bisa download personal komputer atau laptop. Dengan Instal aplikasi ini anda yang bisa menjelajahi, mengunduh, dan memainkan game seluler tertentu di desktop atau laptop Windows. Selain bisa menikmati berbagai jenis permainan atau aplikasi game Android pada di PC, juga akan memiliki akses keyboard dan mouse, sinkronisasi tanpa hambatan di seluruh perangkat, dan integrasi dengan Google Play Points.

Aplikasi ini masih dalam tahap BETA. Sayangnya Google Play Game belum tersedia untuk Macbook atau aplikasi berbasis mac, selain itu pada windows Google Playa Game juga tidak support untuk Processor AMD. Tertera disitus tersebut adalah https://play.google.com/googleplaygames bahwa PC windows hanya support pada grafic prosessor dengan Graphics: IntelⓇ UHD Graphics 630 GPU or comparable. Penulis mencoba di prosessor AMD tidak bisa dibuka.

Tutorial Instal Google Play Game

Cara install Google Play Game pada komputer atau laptop anda dengan cara membuka situs https://play.google.com/googleplaygames,

Sebagaimana tampilan diatas kemudian klik Download

Jika didownload menggunakan IDM filenya hanya 1,36 MB sangat kecil dan cepat selesai downloadnya.

Perlu diperhatikan saat instalasi berlangsung tetap terkoneksi dengan internet karena akan mendownload bebagai file-file instalasi yang dibutuhkan

Untuk menginstal aplikasi, buka file yang didownload, lalu ikuti petunjuk di PC Anda. Penginstalan memerlukan waktu beberapa menit.

Daftar Negara

Informasi hingga saat ini (tulisan ini dirilis) bahwa Google Play Games ini masih terbatas pada beberapa negara-negara berikut:

  1. Australia
  2. Brasil
  3. Kanada
  4. Hong Kong
  5. Indonesia
  6. Korea
  7. Malaysia
  8. Meksiko
  9. Filipina
  10. Singapura
  11. Taiwan
  12. Thailand
  13. Amerika Serikat

Untuk negara lainnya masih terus diperbaharui dan segera akan agar bisa digunakan diberbagai negera. Dalam rilisnya pada help center google, 13 daftar negera di atas yang masih bisa digunakan sebagai beta saja. Dalam catatan FAQ disebutkan bahwa “Tanggal rilis resmi akan bervariasi antar wilayah. Kami akan mulai dengan wilayah beta Australia, Brasil, Kanada, Hong Kong, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat, dan kami akan memperluas ke wilayah lain nanti.” demikian dalam terjemahan bahasa Indonesia pada situs Google Play Game

Syarat Penggunaan

Untuk menggunakan Google play game ini disyaratkan adalah pengguna dengan umur 18 tahun ke atas. User email atau gmail yang harus digunakan adalah jenis akun pribadi. Sebelum dapat menggunakan Google Play Game pada laptop atau personal komputer harus cek dulu apakah sudah kompatibel dengan dengan syarat-syaratnya sebagai berikut:

  • Komputer atau PC dengan performa game yang baik
  • PC/Laptop adalah OS Windows 10 ke atas minimal versi 2004 keatas.
  • Menggunakan SSD minimal 10 Gb penyimpananyang tersedia.
  • Memori RAM minimal 8 GB atau RAM 8 GB
  • Grafik GPU adalah Merk Intel minimal 630 ke atas atau GPU sekelas NVIDIA GEFORCE MX450 ke atas.
  • Prosessor CPU dengan 5 Core Fisik 8 Core Logik.

Selain spesifikasi komputer di atas ada beberapa syarat konfigurasi yang harus ada di dalam komputer adalah Virtualisasi hardware harus diaktifkan dan menggunakan akun admin windows. Karena pada beberapa PC Windows terkadang akun yang digunakan adalah GUEST atau akun tamu, sehingga tidak semua fitur windows bisa digunakan oleh user berjenis Guest. Persyaratan minimum ini tidak menjamin kemampuan untuk menjalankan Google Play Game di PC. Beberapa game memiliki setelan dalam game, yang memungkinkan Anda menyesuaikan performa PC. Sumber : Support Google

Kelebihan Google Play Game

Dengan terobosan dari Google Play Games pada PC Windows kira bisa menjelajahi, mencari, mengunduh, serta memainkan game yang dulunya di Android sekarang sudah bisa dimainkan di PC/Laptop berbasis Windows tanpa mengunakan emulator android.

Kelebihan lainnya gamer juga dapat melakukan sinkronisasi akun Google Play Games pada perangkat smartphone, tablet, chromebook, laptop dan PC Windows. ya…kalau bosan menggunakan handphone anda ya mainkan di PC anda juga gamenya. Karena, sesi permainan yang sebelumnya dimainkan dari smartphone dan tablet dapat kembali dilanjutkan pada perangkat chromebook dan PC melalui akun yang sama.

Kehadiran Google Play Games khusus PC memang telah membawa beberapa keuntungan dan kemudahan bagi para gamers, seperti mampu menampilkan gameplay permainan pada layar yang lebih besar, kemudahan kontrol menggunakan bantuan keyboard dan mouse, hingga aksesibilitas yang fleksibel.

Selain itu, aplikasi Google Play Games di Android, pengguna layanan ini nantinya juga dapat mengumpulkan reward dalam bentuk Google Play Points.