Kunjungi 5 Tempat Wisata Menarik dan Edukatif di Lembang Bandung

Tempat wisata eksotis dan bersejarah memang sangat banyak di Bandung Jawa Barat. Pernah waktu itu, penulis berkunjung ke sana walau hanya sebentar saja rasanya. Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi cerita tentang pengalaman tersebut. Jika berangkat ke Bandung bersama keluarga atau rekan ataupun sahabat anda untuk jalan-jalan dan menikmati dan menjajal wisata di Bandung maka jangan lupa untuk ke beberapa tempat menarik. Mulailah start awal dari Gedung Sate, Menuju Lembang. Dari Gedung Sate menuju Bandung Barat. Tidak cukup sebenarnya 1 hari saja untuk mengunjungi itu semua.

Ada 5 tempat rekomended untuk anda jika berkunjung ke Bandung. Dimana lima tempat ini menurut hemat penulis adalah merupakan tempat eksotis dan menarik.

1. Gedung Sate

Dijuluki Gedung Sate, namun jangan berpikir bahwa ada penjual sate di sekitar gedung tersebut. Menurut ceritanya bahwa gedung ini ada iconic seperti tusuk sate di atas gedung. Inilah asal muasal julukan tersebut. Gedung ini sebenarnya adalah kantor Gubernur Jawa Barat yang melengenda. Struktur bagunannya bernilai sejarah, karena gedung ini adalah bekas dari kantor sejak kolonial zaman belanda. Di depan gedung ini ada spot-spot menarik untuk bersefi ria, ada pelataran gedung yang luas dan cukup untuk parkir mobil. Halaman gedung ini terbuka untuk umum, dan bisa dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan yang datang untuk sekedar berfoto. Depan gedung tersebut ada lapangan olahraga yang menjadi destinasi terbuka juga yang mana sering diadakan festival pada hari-hari tertentu.

2. Tangkuban Perahu

Tangkungban Perahu menjadi iconic wisata yang eksostis dimana banyak wisatawan dari luar negeri, lokal dan wisatawan dari berbagai penjuru negeri yang berkunjung. Tangkuban Perahu ini adalah merupakan kawah dari gunung berapi yang dapat dilihat secara langsung. Dimana kawah tersebut masih aktif mengeluarkan asap vulkanik yang memang aman dan tidak beracun. Memang gunung ini masih aktif, dan pernah beberapa tahun yang lalu juga gunung ini menyemburkan lava dingin dan pemerintah menutup tempat ini untuk sementara. Salah satu destinasi menarik di Tangkuban Perahu ini adalah kawahnya yang dapat dilihat dari dekat. Ada oleh-oleh yang terbuat dari batu granit hitam, baju dan juga disediakan spot-spot foto yang eksotis. Disekitar kawah yang melengkung kebawah ada kawah yang disebut Kawah Ratu, merupakan kawah terbesar dan luas. Selain itu, ada juga Kawah Putih dimana kawah ini bisa dilihat di sebelahnya. Nah di atas kawah tesebut ada bentuk bukit yang mirip seperti perahu terbalik. Inilah yang menurut legenda adalah perahu yang dibuat oleh perahu buatan Sangkuriang yang ditendangnya. Sebab kemarahannya dengan sang putri yang ingin dia nikahi. Dimana sang putri ternyata adalah ibunya sendiri. Sebab bukit tersebut mirip dengan perahu terbalik maka dijuluki dengan Takuban Perahu artinya Perahu Terbalik.

3. Farmhouse Susu Lembang dan Great Asia Afrika

Sepanjang perjalanan menuju Tangkuban Perahu anda akan menjumpai daerah yang banyak merk Bolu Susu Lembang. Ada banyak cafe, tempat beli oleh-oleh, atau berbagai jenis olahan makanan dari susu yang diproduksi oleh warga. Nah yang menarik bukan itunya, ada sebuah tempat namanya Farmhouse. Tempat ini didesain sedemikian rupa, sehingga kita seolah-olah dibawa ke perkampungan eropa, asia dan afrika. Objek wisata ini sangat eksotis. Sebenarnya ada dua tempat yang saling berdekatan, Farmhouse, dan The Great Asia Afrika. Kedua tempat ini berseberangan dimana farmhouse ini lebih pada alam dan taman eropa, sedangkan The Great Asia Afrika ini lebih pada bangunan-bangunan rumah adat di asia, eropa dan afrika. Jika ingin masuk dua tempat ini diberlakukan tiket yang berbeda. Lantas apa yang mau dilakukan di tempat ini, ada banyak sebenarnya.

Suasana kampung eropa dan asia afrika yang kental dengan bangunannya bisa menjadi spot foto yang indah dan eksotis. Taman-taman yang menarik, serta pohon kayu yang rimbun menjadi tempat berteduh bersama keluarga, dan teman-teman untuk bersantai. Ada juga yang menjual makanan dan minuman. Salah satu yang terkenal adalah susu lembang.

4. Observatorium Bosscha

Salah satu objek wisata yang mengedukasi tentang astronomi adalah Observatorium Bossha yang ada di Lembang, dan masih satu arah ke Lembang. Observatorium ini dibuka untuk umum, bagi yang ingin melihat langsung bintang-bintang dapat berkunjung langsung. Biaya pendaftaran untuk mengikuti tour di observatorium ini murah karena memang milik pemerintah. Biasanya akan ada dua sesi untuk tour ini, pagi dan siangnya. Jadi disarankan agar mendaftar pagi saja agar nantinya bisa mengikuti di siang. Sehingga masih bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya di lembang. Untuk lokasinya berada di atas bukit dengan jalur khusus menuju observatorium. sebelah kanan menuju arah ke Farmhouse Lembang.

5. Orchid Forest Cikole

Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat untuk bersantai ria. Lokasinya di tepi jalan menuju Tangkuban perahu. Tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju tempat ini sudah sangat baik dan nyaman untuk dilewati.Jika Anda berangkat dari pusat kota, jarak yang akan Anda tempuh kira-kira adalah 20 km. Selanjutnya bagi yang ingin bermalam di Orchid Forest Bandung bisa berkemah di camping Ground. Serunya berkemah di alam terbuka dapat wisatawan rasakan di tempat ini. Sedangkan biayanya cukup terjangkau mulai dari Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.(link info)

Demikianlah penjelasan 5 tempat wisata iconic di Lembang Bandung. Semoga menambah wawasan bagi para pembaca yang ingin menikmati suasana wisata di Bandung. Ikuti terus update info terbaru dari alexandrapane.com. Silahkan share dan komentar di kolom di bawah ya….