Kuliner Lezat Nikmat Berbahan Kacang Tanah di Indonesia

Kacang Tanah nama ilmiahnya dalam bahasa latin disebut Arachis hypogaea L. menurut Wikipedia ini adalah tanaman sejenis polong-polongan yang mudah dibudidayakan di daerah yang subur dan tanah humus di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini memang berasal dari benua Amerika dulunya. Bagi pencinta kuliner pecal, tanaman ini adalah bumbu utama dalam sajian ini.

Diberbagai restoran mewah juga menyediakan ini kacang tanah ini sebagai saus kacang yang menggugah selera. Kuliner berbahan Kacang Tanah juga banyak menjadi jajanan yang sangat digemari. Berbagai olahan kacang ini akan kami tuliskan dalam daftar kali ini, dimana rasa dan khasnya patut dicoba.

  1. Gado-gado

Kuliner yang satu ini adalah salah satu sajian berbumbu kacang yang populer di Indonesia, mulai dari ibu kota Jakarta hingga keseluruh penjuru Indonesia. Gado-gado ini memang kuliner yang umum dan sudah terdapat dimana-mana. Mungkin di daerah lain ada beda rasa dan campuran yang berbeda-beda. Namun bahan dasar untuk bumbu kuliner yang satu ini adalah kacang tanah.

  1. Pecal

Pecal merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang melegenda. Mungkin kayaknya Pecal ini ada dijual di berbagai daerah di Indonesia. Rasa pedas, manis, gurih dengan berbagai campuran ini menjadi khas yang legendaris dan favorite orang Indonesia.

  1. Siomay

Siomay ini merupakan jajanan khas Bandung yang sangat dengan kuah sambal Kacang Tanah yang khas. Jika jalan-jalan ke kota Bandung, Jawa Barat akan banyak bertebaran penjualnya. Ada ungkapan bahwa jika ke bandung belum makan Siomay maka kurang pas. Karena Siomay ini merupakan jajanan khas Bandung. Memang ada juga penjual Siomay di daerah lain selain di Bandung, di berbagai kota besar, kota kecil juga banyak penjualnya. Namun ciri khas Siomay Bandung lebih populer karena dengar-dengarnya asalnya dari Bandung.

  1. Batagor

Batagor kerap kali rasanya agak mirip dengan Siomay. Padahal kedua hidangan ini berbeda, terutama pada bahan dan cara memasaknya. Berbeda dengan siomay yang hidangannya direbus, isian batagor justru digoreng terlebih dulu. Selain itu, isian batagor pun tidak seramai siomay, hanya bakso dan tahu. Namun perlu diketahui bahwa bahan untuk melezatkan Batagor ini adalah Kacang Tanah yang diolah sedemikian rupa menjadi kuah yang lezat bercampur dengan kriuk-kriuk di mulut.

  1. Sate

Banyak memang bentuk sate yang tidak menggunakan kacang Tanah seperti sate dari Padang, meskipun ada namun sedikit biasanya, tetapi ada juga yang banyak. Tergantung memang dari permintaan pelanggan. Jika ke Madura, maka sate yang disajikan akan ada campuran Kacang Tanah yang banyak sehingga daging itu menjadi lezat ketika mengunyah di mulut. Lumeran sate dengan saus kacang tanah ini dipadu dengan panggangan daging ini menjadi nikmat. Sate kuah kacang ini memang menjadi kuliner yang khas Indonesia yang tidak bisa dilupakan di mulut. Kuliner ini memang ada di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai bentuk dan cara penyajiannya, ada sate kambing, ayam, kerang, dan sapi serta berbagai bahan daging yang digunakan. Namun yang pasti jika ada Sate Kacang, maka lumeran kuahnya adalah berbahan Kacang Tanah.

  1. Rujak buah

Rujak ini memang ciri khas banget di Indonesia. Rujak itu adalah kumpulan potongan buah-buahan seperti nenas, mangga, jambu, mentimun, dan sebagainya. Kemudian dikuah dengan kuah kacang tanah campur dengan pedas dan gula merah. Penjualnya banyak ditemui di kaki lima, dekat sekolahan karena anak-anak sekolah sangat suka dengan jajanan yang satu ini.

Demikianlah kuliner kali ini semoga menjadi referensi bagi anda jika berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia untuk mencicipinya.