/Keunggulan Menjadi Mahasiswa di Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Padangsidimpuan

Keunggulan Menjadi Mahasiswa di Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Padangsidimpuan




Jika bicara tentang keunggulan erat kaitannya apa yang diberikan dan diprogramkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan kepada para mahasiswa. Capaian ini meliputi berbagai bidang yang menjadi target outcome dari institusi yang bersangkutan. Seperti postingan sebelumnya kami telah menuliskan tentang Prospek Lulusan dan juga Visi, Misi serta Tujuan dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Postingan kali ini kami akan menginformasikan tentang keunggulan jika anda menjadi mahasiswa di prodi tersebut. Lantas apa saja keunggulannya simak dalam poin-poin berikut:

1. Penanaman Sikap dan Nilai-Nilai Kebaikan

Keunggulan dari penuntut ilmu (anak kuliah dalam konteks ini) adalah akhlak, sikap dan moral yang baik. Penanaman sikap dan nilai pada mahasiswa/i di kampus IAIN Padangsidimpuan termasuk program studi Komunikasi Penyiaran Islam di dalamnya sudah ada sejak pertama masuk kuliah. Setiap mahasiswa/i baik dekat dan jauh tempat tinggalnya wajib mengikuti prorgam Mahad Jamiah berupa dua semester berada di pesantren mahasiswa. Program unggulan ini mengajarkan pada mahasiswa/i untuk bisa menjalani kehidupan layaknya dipesantren. Subuh bangun shalat ke masjid berjamaah ramai, pagi makan bersama dengan teman-teman di kantin, berbagai permasalahan hidup dibantu oleh kakak pembina asrama, hidup bersama membangun sosialisasi dan kebersamaan, sharing, belajar Quran, dan yang paling dinanti-nanti adalah program bahasa asing yaitu bahasa arab-inggris. Selama satu tahun penuh dasar-dasar keislaman dan skill bahasa akan menjadi modal dasar anda untuk semester berikutnya.

2. Diajarkan Keterampilan Umum

Keterampilan umum yang dibutuhkan sebagai calon manusia yang berguna bagi agama, keluarga, nusa, bangsa, dan negara ini menjadi impian jika anda memang hidup di planet bumi. ya….Kecuali bagi anda yang hidup di Mars, atau planet lainnya. Lantas keterampilan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di dunia ini apa sebenarnya…bingungkan….apa itu?. Saya aja bingung…untuk menjawab kebingunan kita bersama mari kita lihat dan baca tulisan ini lebih lanjut.

Jika anda menjadi mahasiswa di program studi Komunikasi Penyiaran Islam hal ini sudah dijawab. Silahkan lihat dan baca penjelasan berikut:

  1. Mahasiswa menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Kesembilan keterampilan ini menjadi tonggak penting dalam pembangunan sumber daya manusia dalam hal ini mahasiswa KPI agar mampu menjadi orang-orang yang berkompensi dalam dunia kerja, masyarakat dan menjadi alumni yang siap di tempatkan di mana saja. Jika anda perhatikan kesembilan tersebut, memang tidak semua orang mampu, sesuai dengan kesungguhan mahasiswanya dalam belajar dan hidayah dari Allah Swt. Namun hal ini menjadi tuntutan bagi setiap mahasiswa untuk mampu menguasainya.

Baca juga : Prospek Lulusan dari Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam di IAIN Padangsidimpuan

3. Keterampilan Khusus Bagi Mahasiswa KPI

Keterampilan khusus inilah yang membedakan program studi KPI dengan prorgram studi lainnya. Mahasiswa akan diajarkan mampu dalam beberapa hal berikut:

a. Melaksanakan dakwah yang persuasif, humanis dan modren berdasarkan keilmuan dan etika dakwah

Lantas apakah kita semua harus berdakwah?, jawabannya ya…paling tidak dakwah yang dimaksudkan mengajak diri sendiri dan keluarga nantinya menuju jalan kebaikan. Bukankan setiap orang harus mampu memotivasi dirinya, memperbaiki diri, memperbaiki akhlaknya, ibadahnya, dan sikapnya agar lebih baik (persuasif) lebih manusiawi (humanis) dan sesuai perkembangan zaman termasuk kebiasaan, kearifan lokal, yang nantinya sesuai dengan etika dan ajaran Islam.

b. Menjalin hubungan secara kelembagaan baik dalam sekala nasional maupun internasional

Menjalin hubungan ini dimaksudkan untuk menjaga silaturrahmi, dan saling menghormati sesama alumni dan almamater jikan sudah selesai. Kelebihan dan keutamaan seorang alumni dari suatu perguruan tinggi adalah alumni tersebut mampu berkarya, dan berdikari sesuai bidangnya baik skala nasional maupun internasional, paling tidak ada skala lokal-regional. Diharapkan mahasiswa KPI dalam hal ini memahami pentingnya kontribusi dalam mamajukan program studi setelah ia lulus dan mencapai gelar sarjana. Ya….ibarat seorang anak harus ingat juga untuk berbakti kepada orangtua yang telah membesarkan dan mendidiknya.

c. Melakukan praktik komunikasi di masayarakat melalui media elektronik, sosial dan cetak

Seorang yang disebut anak KPI itu adalah harus mampu menggunakan, mempraktekkan dan melaksanakan komunikasi yang baik di masyarakat. Lantas bagaimana caranya? ya harus menjadi mahasiswa dulu di Prodi KPI, karena hal ini diajarkan dan dibimibing oleh dosen-dosen yang berkompeten dalam praktik komunikasi. Pelaksanaan ini sudah terprogram dengan sistematis dan baik, termasuk adanya laboratorium penyiaran, kewirausahaan, praktek dakwah di lapangan dan juga di lokal perkuliahan.

d. Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan keilmuan dan kemampuan kerja

Mahasiswa dalam menunjang berbagai perkuliahan disediakan berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi informasi (ICT = information communication and technology). Pemanfaatan ini di programs studi KPI ini tersedia seperti jaringan internet yang tersedia, wifi gratis, radio, laboratorium, pemanfaatan alat-alat untuk membuat film, editing, mendesain berbagai keperluan publikasi dan sebagainya. Kempuan khusus ini adalah sebagai modal skill bagi mahasiswa nantinya untuk dapat bersaing di dunia kerja dan membuka lapangan pekerjaan.

e. Menyusun program, desain dan media komunikasi dan penyiaran untuk keperluan dakwah baik secara sederhana maupun kemajuan teknologi informasi dan komunikasi;

Kemampuan ini menjadi salah satu kemampuan khusus leader dalam bidang media massa. Jika seorang mahasiswa sudah mampu menyusun dan mendesain program untuk media, ini menjadi pengetahuan yang harus dimiliki seorang leader dalam media. Sederhananya jika mahasiswa telah mampu yang demikian ia bisa bekerja di media massa atau membangun media massa yang pada prinsipnya adalah untuk keperluan dakwah dan informasi.

f. Terampil menjalankan pungsi humas pada instansi pemerintah dan swasta

Mahasiswa KPI yang ingin memperkuat kemampuan bidang kehumasan di instasi pemerintah dan swasta juga menjadi bagian dari kemampuan yang ditekankan pada diri mahasiwa KPI (anak KPI). Kemampuan ini nantinya akan berguna untuk mengelola event-event seremonial (keprotokoleran), memberikan informasi yang benar (presenter), memberikan solusi bagi masalah politik yang muncul (diplomat), membuat dan mengelola lembaga penyiaran, membuat aturan penyiaran dan sistem informasi, mengemas informasi dan komunikasi berdasarkan nilai-nilai keislaman (dai, mubalig), mengamati dan menilai informasi yang berkembang dengan aturan dan Undang-Undang.

Demikianlah tulisan kali ini semoga bermanfaat, keunggulan mahasiswa KPI ini menjadi gambaran bagi anda tentang penjelasan program studi KPI yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Jika memang tertarik untuk memilih program studi KPI silahkan, saja melalui pendaftaran mahasiswa baru ada SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan UM-MANDIRI LOKAL IAIN Padangsidimpuan.

Bagikan Artikel ini