Kelebihan Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan Sebuah Gambaran Umum Bagi Calon Mahasiswa Baru

Apa hebatnya UIN Syahada Padangsidimpuan sebenarnya di mata kamu… Apakah gedung-gedungnya dengan segala fasilitasnya, atau barangkali perpustakaannya yang megah dan ribuan koleksi buku, Kampusnya yang terakreditasi, atau kamu punya niat atau cinta dari awal untuk kuliah di kampus ini. Banyak memang calon mahasiswa yang bingung hingga dalam hatinya ia bertanya-tanya. Aku kemana nantinya setelah tamat SMA? Aku lanjut kuliah ke PT apa ya…? Milih jurusan apa ya…? Iya…itu pertanyaan yang sering muncul ketika kamu bingung. Lantas bagaimana jadinya kalau terus-terusan bingung. Kan gak jadi kuliahnya. Inilah yang ingin penulis bagi kepada anda—-anda—-calon tamat SMA/SMK/Ponpes yang akan lanjut nantinya ke perkuliahan.

Kelebihan kampus UIN Syahada Padangsidimpuan

Tulisan kali ini kampus yang saya tawarkan untuk anda adalah Kampus yang pernah saya kuliah dulu dan pengalaman cara penulis menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Kampus tersebut namanya UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang berlokasi di Padangsidimpuan, Kelurahan Sihitang. Memang apa hebatnya kampus ini. Berikut review penulis yang dimana dirangkum dengan pengalaman beberapa teman-teman dan saya sendiri.

  1. Kampus dengan motto cerdas berintegritas
  2. Kampus dengan visi untuk menciptakan manusia yang saleh, cerdas, moderat dan berakhlakul karimah,
  3. Kampus dengan program unggulan mahad jamiah dimana tahun pertama wajib berasrama untuk pembinaan bahasa, alquran, dan karakter building.
  4. Kampus dengan lingkungan yang masih terjaga dari berbagai pengaruh negatif, dimana lingkungan sekitar kampus termasuk kos-kosan, asrama, dan tempat tinggal mahasiswa dijaga oleh warga sekitar dari pengaruh negatif yang menyebabkan anda tidak nyaman.
  5. Kampus dengan suasana lingkungan yang asri dan masih banyak pepohonan yang rindang di sekitar kampus. Hal ini menjadikan udara sejuk dan asri.
  6. Kampus dengan fasilitas yang lengkap, seperti perpustakaan, dukungan internet, asrama, kamar mandi, WC, dan masjid.
  7. Kampus dengan layanan akademik berbasis online, termasuk siakad, informasi dan teknologi.
  8. Kampus dengan SDM terampil, mulai dari tenaga kependidikan, pengawai, dan administrasi yang ramah, hingga SDM Profesional seperti dosen dengan lulusan S2 dan S3 serta Guru Besar Professor ahli di bidangnya.
  9. Kampus dengan berbagai pilihan program studi, mulai dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Syariah dan Ilmu Hukum, Ekonomi dan Bisnis Islam serta Program Pascasarjana Magister yang mana rencanannya akan dibuka program doktor S3 nantinya.
  10. Kampus dengan akreditasi, dimana seluruh program studi sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Terus apalagi kurangnya, menurut anda?. Mungkin tidak sehebat kampus di luar negeri seperti Hardvard University di Amerika, atau kampus Oxford University di London. Tetapi kami tegaskan bahwa kelebihan kampus ini adalah pada konsep tatanan yang diprogramkan oleh para cendikiawan dan ilmuan di UIN Syahada Padangsidimpuan. Mungkin bagi calon mahasiswa baru nantinya bisa membaca tentang konsep yang disebut Teoantropoekosentris. bisa dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Teoantropoekosentris. Lantas apa itu ya…makin bingung kita.

Paradigma Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan

Jika sudah baca di artikel di atas, Kami ringkas agar lebih mudah dan integratif…. Teoantropoekosentris adalah sebuah paradigma pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI) paradigma adalah model dalam teori ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, dalam percakapan sehari-hari istilah paradigma berpikir. Karena paradigma adalah model utama, pola atau metode (untuk meraih beberapa jenis tujuan). Sering kali paradigma merupakan sifat yang paling khas atau dasar dari sebuah teori atau cabang ilmu.

Menurut George Ritzer menjelaskan paradigma adalah pandangan mendasar ilmuwan tentang apa materi pelajaran harus dipelajari oleh cabang atau disiplin, dan apa aturan yang harus diikuti dalam menafsirkan informasi yang akan dikumpulkan informasi yang dikumpulkan dalam menanggapi isu-isu ini.

Dalam dunia pendidikan salah satu paradigma dalam perguruan tinggi adalah paradigma teoantropoekosentris di UIN Syahada Padangsidimpuan. Teoantropoekosentris ini sebagai paradigma berarti menjadikan konsep teoantropoekosentris sebagai pedoman untuk menjalani segala aspek dalam kehidupan di UIN Syahada Padangsidimpuan. Hal ini juga menyertai berbagai permasalahannya dalam perkuliahan, program pendidikan, dan bermahad, membangun sistem administrasi kampus, untuk mencapai dari kampus UIN Syahada Padangsidimpuan. Paradigma Teoantropoekosentris akan digunakan dalam proses pendidikan demi meningkatkan kualitas mahasiswa yang dilakukan secara berkelanjutan berdasarkan program yang dicanangkan dengan memanfaatkan kemajuan iptek, memperhatikan tantangan global ke depannya. Wah…terlalu…serius bacanya. Terlalu teoritis ya…

Ringkasnya begini….Sebuah kampus dengan paradigma yang dibangun akan menentukan arah pendidikan dan sistem kampus tersebut. Jika Teoantropoekosentris yang menjadi filosofisnya maka ada tiga wacara besar yang harus dipahami. Dimana letak ketuhanan (teo) dalam pendidikan di kampus tersebut, dimana letak dari antropo (sosial) dan dimana letak eko (alam sekitar) dalam program kampus kedepannya. Wah makin gak ngerti….dan ambigu narasinya….kan saya bang masih belum pernah kuliah.

Jadi mudahnya begini….Pendidikan Islam sebagai fondasi awal dari UIN Syahada Padangsidimpuan akan menyatukan tiga hal ini dalam proses pendidikan, sebagai contoh, selain belajar tentang matematika, (misal jika mengambil jurusan Tadris Matematika) tetapi juga belajar tentang ilmu agama seperti tauhid, fiqih, muamalah, tafsi,r quran dan hadis. Serta kita nantinya akan belajar tentang alam sekitar seperti sosial kemasyarakatan yang dirangkum dalam mata kuliah tertentu nantinya, sebut saja Kuliah Kerja Lapangan, Akhlak, dan Pembinaan melalui berbagai kegiatan sosial lainnya. Pastinya dalam sehari-hari kita berkuliah anda masih terus dibekali akhlak untuk dapat menjaga diri dari perbuatan tercela. Oleh karena itu, misi dari kampus ini adalah “Menjadi universitas Islam bertaraf internasional yang memiliki paradigma keilmuan teoantropoekosentris (al-ilahiyah, al-insaniyah, al-kauniyah) dalam membangun masyarakat yang Saleh, Moderat, Cerdas, dan Unggul”. itulah visinya…

Secara ringkasnya padatnya…begini…Seorang mahasiswa jika kuliah di kampus UIN Syahada Padangsidimpuan diajarkan ilmu agama (teo), diajarkan ilmu sosial (antropo), diajarkan ilmu pengetahuan tentang alam sekitar, (eko) semuanya berpusat pada tiga ilmu ini menjadi skill dan kemampuan mahasiswa. Jadi dalam bahasa di masyarakat selain bisa baca doa dan mengaji, bisa juga paham matematika (seperti contoh di atas) serta punya karakter baik dan berakhlak kepada sesama (eko).

Demikian dulu untuk tulisan kali ini, Pendaftaran melalui jalur SPAN PTKIN di sudah mulai dilanching, bisa dilihat informasinya di https://ptkin.ac.id/page. Bila ingin bertanya silahkan di kolom komentar di bawah ini ya…