Cara Mengenali Karakteristik Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam Perkuliahan

Proses pembelajaran pada dalam perkuliahan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning (SCL). Strategi SCL memiliki karakteristik sebagai berikut:

a. Mahasiswa secara aktif terlibat di dalam mengelola pengetahuan.

b. Tidak hanya menekankan pada penguasaan materi tetapi juga dalam mengembangkan karakter mahasiswa.

c. Memanfaatkan banyak media (multimedia).

d. Fungsi dosen sebagai fasilitator dan evaluasi dilakukan bersama dengan mahasiswa.

e. Untuk pengembangan ilmu dengan cara pendekatan interdisipliner.

f. Iklim yang dikembangkan lebih bersifat kolaboratif, suportif dan kooperatif.

g. Mahasiswa dan dosen belajar bersama di dalam mengembangkan pengetahuan, konsep dan keterampilan.

h. Mahasiswa dapat belajar tidak hanya dari perkuliahan saja tetapi dapat menggunakan berbagai media dan kegiatan ekstrakurikuler.

i. Penekanan pada pencapaian kompetensi peserta didik dan bukan tuntasnya materi.

j. Penekanan pada bagaimana cara mahasiswa dapat belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar, metode interdisipliner, dan penekanan pada problem based learning dan skills.

k. Pola pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (SCL) diharapkan akan dapat mengantarkan mahasiswa untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Hal ini berarti mahasiswa harus didorong untuk memiliki motivasi dalam diri mereka sendiri, kemudian berupaya keras mencapai kompetensi yang diinginkan.

Apabila ditinjau esensinya, pergeseran pembelajaran adalah pergeseran paradigma, yaitu paradigma dalam cara kita memandang pengetahuan, paradigma belajar dan pembelajaran itu sendiri. Paradigma lama memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang sudah jadi, yang tinggal dipindahkan ke orang lain/mahasiswa dengan istilah transfer of knowledge. Paradigma baru, pengetahuan adalah sebuah hasil konstruksi atau bentukan dari orang yang belajar. Belajar adalah sebuah proses mencari dan membentuk/mengkonstruksi pengetahuan, bersifat aktif, dan spesifik caranya.