Beasiswa KIP Kuliah Selama Masa Kuliah di IAIN Padangsidimpuan

Kalau bercerita beasiswa KIP Kuliah sebenarnya penulis hanya ingin berbagi pengetahuan saja hari ini. Perlu anda ketahui biasanya KIP Kuliah ini adalah prorgam dari Presiden Indonesia Jokowi dalam mensejahterakan pendidikan. Memang pemegang KIP Kuliah tidak serta merta dapat beasiswa secara langsung. Ingat bahwa anda sebagai pemegang KIP Kuliah juga diseleksi sesuai dengan kuota berapa yang dianggarkan pemerintah untuk KIP Kuliah di suatu perguruan tinggi. Tidak semua pemegang KIP layak mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Ada beberapa kriteria tertentu yang harus anda penuhi, seperti prestasi nilai, prestasi dalam berbagai event, dan yang paling penting anda cerdas.

Kalau secara defenisi dari KIPI Kuliah itu sebenarnya adalah bukan beasiswa tetapi

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Perlu anda pahami bahwa bagi warga Indonesia yang lulus SMA sederajat dan punya keinginan kuliah dan punya prestasi (potensi akademik) namun sayang memiliki keterbatasan ekonomi. Jadi jujur saja penulis memahami bahwa KIP Kuliah adalah mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi, bukan yang mapan secara ekonomi apalagi disebut Orang Kaya

Penulis melihat inilah adalah program pemerintah kita sekarang untuk memberikan keadilan dan keseimbangan dalam masyarakat kita yang lemah ekonomi, namun memiliki anak yang berprestasi. Pemerintah tidak mau menyianyiakan potensi anak bangsa jadi tersembunyi, terkubur karena faktor kemiskinan yang menjadi problem sosial. Karena fungsi dari KIP Kuliah ini adalah dukungan dana pemerintah mensejahterakan rakyat. Namun ingat sekali lagi, ini bagi mereka yang memiliki potensi akademik bukan yang tidak memiliki kemauan dalam berkuliah.

Melansir informasi dari dari juknis KIP Kuliah Kemenag ada beberapa syarat penerima KIP Kuliah tahun 2022 ini sebagai berikut:

  1. Mahasiswa baru lulusan MA/MAK/Diniyah Formal/SMA/sederajat angkatan tahun 2019, tahun 2020, dan tahun 2021;
  2. Memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik yang didukung bukti dokumen yang sah; dan mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orang
    tua/wali, meninggal dunia dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK);
  3. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah.

Untuk memenuhi pembuktian pemenuhan persyaratan maka keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Kartu Jakarta Pintar (KJP). Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

Meninggal dunia dibuktikan dengan surat keterangan kematian dari rumah sakit atau pemerintah setempat; Pemutusan hubungan kerja dibuktikan dengan surat keterangan PHK dari perusahaan atau tempat kerja; Keputusan akhir penerima akan diambil oleh PTKI masing-masing. Sumber lihat : http://kip-kuliah.kemenag.go.id/home

Para pembaca itulah beberapa informasi secara umum tentang KIP Kuliah. Namun jika anda adalah calon mahasiswa KIP Kuliah di Kampus IAIN Padangsidimpuan anda bisa melihat informasi lengkap dan prosedur untuk mendaftarkan diri mendapatkan KIP Kuliah pada link informasi pada website IAIN Padangsidimpuan pada link https://www.iain-padangsidimpuan.ac.id atau bisa diakses langsung pada https://www.iain-padangsidimpuan.ac.id/pendaftaran-kip-kuliah-iain-padangsidimpuan-tahun-2022/

Bisa anda baca informasinya dan juga chat tanyakan melalui sosmed di instagram, facebook, youtube resmi IAIN Padangsidimpuan.