/Beasiswa Apa saja yang ada di IAIN Padangsidimpuan

Beasiswa Apa saja yang ada di IAIN Padangsidimpuan




Beasiswa pada prinsipnya adalah untuk memudahkan mahasiswa/siswa di sebuah sekolah/universitas untuk melanjutkan pendidikan. Beasiswa ini banyak macam dan jenisnya, namun yang penulis jelaskan adalah beasisswa yang ada di IAIN Padangsidimpuan. Sebelum itu, kita sebagai calon mahasiswa atau mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa harus memahami bahwa ada yang diberikan oleh langsung universitasnya, diberikan oleh partner universitasnya, atau lembaga atau perusahaan tertentu yang bekerjasama dengan unversitasnya. Ya mudah-mudahan suatu saat penulis punya perusahaan yang banyak duit bisa memberikan beasiswa. Amin,…lanjut.

Di kampus IAIN Padangsidimpuan sebagaimana adanya dari informasi Humasnya bahwa ada beberapa beasiswa yang tersedia bagi seluruh mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan. Berikut penjelasannya:

Pertama; Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP Kuliah adalah beasiswa yang ada di Kampus IAIN Padangsidimpuan, ini khusus bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bagi mahasiswa semester pertama dapat mendaftar KIP, atau orangtuanya yang terdaftar di PKH atau bisa juga Kartu Jakarta Pintar. Adapun ketentuan dan persyaratan untuk tahun ini sebagai berikut:

  1. Membuat Surat Permohonan (klik disini DOWNLOAD)
  2. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH/Kartu Jakarta Pintar (KJP)
  4. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
  5. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah/Sekolah;
  6. Fotokopi ijazah beserta transkip nilai yang dilegalisir oleh Kepala Madrasah/Sekolah;
  7. Menunjukkan prestasi (karya) yang telah dicapai di SLTA dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan lainnya;
  8. Foto rumah orangtua Mahasiswa calon penerima KIP kuliah dari empat sisi: (depan, samping kiri, samping kanan, dan bagian dalam rumah) yang dilegalisir oleh pemerintahan setempat;
  9. Fotokopi Rekening Listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan/atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orangtua/wali;
  10. Menunjukkan penghasilan orang tua/wali bagi calon penerima yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH/Kartu Jakarta Pintar:
  11. Menandatangani Fakta Integritas bermaterai 10.000 (format klik disini, DOWNLOAD)
  12. Surat pernyataan kebenaran berkas bermaterai 10.000 (format klik disini, DOWNLOAD).
  13. Semua Berkas di buat ke dalam Map Tulang berwarna Biru

Semua persyaratan ini dapat dilihat pada website resmi IAIN Padangsidimpuan atau di klik link ini https://www.iain-padangsidimpuan.ac.id/pendaftaran-kip-kuliah-iain-padangsidimpuan-tahun-2022/

Kedua; Beasiswa UKT

Beasiswa UKT atau beasiswa dengan skema pengurangan uang kuliah yang ditetapkan oleh kampus. Beasiswa ini juga tersedia bagi seluruh mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan. Dimana mahasiswa dari berbagai jurusan dengan kriteria dan hasil test layak untuk diberikan beasiswa UKT ini. Keringan dalam membayar uang kuliah menjadi bentuk beasiswa yang sudah lama diterapkan oleh kampus IAIN Padangsidimpuan. Pengalaman dari mahasiswa tahun sebelumnya bahwa mahasiswa yang menerima UKT, hanya dibebankan sekitar 400 ribuan rupiah persemesternya, dibandingkan dengan normalnya. Ini tentunya sangat penting untuk diketahui bahwa beasiswa ini sangat membantu.

Ketiga; Beasiswa BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional atau disingkat BAZNAS telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Pemberian beasiswa ini memang diumumkan oleh pihak kemahasiswaan dan mahasiswa bisa mendaftarkan diri, serta memberikan berkas yang dibutuhkan oleh pihak BAZNAS. Beasiswa ini memang telah ada dan mahasiswa harus memang lebih banyak mencari informasinya secara langsung ke pihak kemahasiswaan. Perlu disampaikan bahwa tidak semua mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa ini karena beasiswa ini adalah merupakan khusus bagi orang yang layak saja. Ya kalau dia kaya ngapai daftar beasiswa BAZNAS. kan itu adalah zakat dari kaum muslimin. Zakat itu ada mustahaqnya ya termasuk pendidikan

Keempat; Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa ini merupakan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki dedikasi dan prestasi yang baik dalam hal akademik, dan diluar akademik. Sebut saja mahasiswa tersebut memiliki prestasi yang membanggakan, maka bisa mendaftar diri. Informasi beasiswa ini nantinya akan diumumkan oleh pihak kampus IAIN Padangsidimpuan kepada seluruh mahasiswa. Pendaftaran biasanya ke bidang kemahasiswaan untuk seleksi berkas dan kemudian dijadwalkan untuk wawancara langsung dengan pihak BANK INDONESIA, sehingga penilaian bukan dari pihak kampus tetapi langsung pihak BI. Mahasiswa yang telah menerima bantuan beasiswa ini akan tergabung dalam organisasi GENBI. Sebuah ormawa kampus yang pembinaannya kerjasama BI dengan IAIN Padangsidimpuan.

Itulah beberapa beasiswa yang ada di IAIN Padangsidimpuan yang secara resmi telah ada. Nah….bagi calon mahasiswa bisa mendaftar diri dan melihat-lihat pengumuman di Situs Resmi IAIN Padangsidimpuan. Atau bisa bertanya langsung kepada kampus melalui sosial media atau langsung ke bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Selamat jika sudah masuk daftar ulang. semoga jangan lupa daftar beasiswa….waslm.

Bagikan Artikel ini