/Apa itu Mahad Jamiah di IAIN Padangsidimpuan

Apa itu Mahad Jamiah di IAIN Padangsidimpuan




Kuliah di IAIN Padangsidimpuan yang konon kabarnya sebentar lagi akan menjadi status UIN. Ini merupakan informasi yang terpenting bagi anda para pendaftar di SPAN PTKIN dan UM PTKIN yang akan datang. Beberapa tips ini saya bagikan kepada anda para calon mahasiswa baru nantinya. Perlu kita tekankan bahwa hal ini perlu anda ingat bahwa kuliah di IAIN Padangsidimpuan tidak seperti kuliah pada di perguruan tinggi lainnya. Kenapa demikian karena IAIN Padangsidimpuan adalah perguruan tinggi yang spesial, terus dimana spesialnya kalau begitu? jawabnya adalah Mahad Jamiah…. Ini adalah prorgam unggulan bagi anda nantinya setelah kuliah. Bayangkan kuliah di zaman sekarang apapun jurusannya bahasa adalah satu hal yang harus anda kuasai. Karena jangan anda berpikir akan selalu menggunakan buku yang berbahasa Indonesia saja dalam dunia perkuliahan. Informasi dan wawasan anda akan terbuka jika anda mampu menggunakan beberapa bahasa, sebut saja bahasa inggris dan arab. Penguasaan bahasa menjadi permasalahan utama bagi para mahasiswa saat ini, melihat hal tersebut program Mahad atau pesantran kampus ini menjadi solusi ke depannya.

Untuk itu perlu kami sampaikan bahwa Mahad Jamiah adalah sebuah solusi, buka sesuatu yang mengerikan dimana mungkin bayangan anda mahad adalah PENJARA, adalah SALAH BESAR…. Mahad Jamiah itu adalah program penggemblengan mahasiswa menjadi mampu berbahasa, berkarakter, dan berpengetahuan. Setahu kami (penulis) bahwa mahad jamiah secara fulltime hanya ada pada dua perguruan tinggi di Indonesia ini, yaitu di UIN di Malang dan IAIN Padangsidimpuan. Memang di universitas lain ada juga mahad tetapi tidak semua mahasiswa memiliki akses untuk ikut serta bermahad. Namun IAIN Padangsidimpuan mewajibkan seluruh mahasiswa di tahun pertama untuk mengikuti mahad.

Suasana Asrama Putri, Mahasantriwati yang Bahagia

Lantas apa yang bisa diharapkan dari bermahad jamiah di IAIN Padangsidimpuan?

Bagi anda yang memang kurang dalam pembelajaran bahasa secara intensif terutama bahasa Inggris dan Arab, Mahad di IAIN Padangsidimpuan menyediakan program bahasa yang sebenarnya kalau dihitung-hitung itu sangat spektakuler. Hampir 70 persen pembelajaran di tahun pertama itu adalah bahasa, dan ini menjadi modal awal untuk kuliah di tahun berikutnya.

Tidak hanya dibidang bahasa, tetapi juga di bidang pendidikan al-Quran dengan dipandu oleh musrif (sebutan laki-laki) dan musrifah (sebutan untuk perempuan) yang menjadi penjaga dan pendidik di asrama secara intensif. Mereka (musrif dan musrifah) ini bertugas untuk mengajarkan cara hidup dan mengajari anda nantinya dalam berbagai hal termasuk, jika anda kurang lancar dalam membaca Al-Quran dan praktek berbahasa. Diperkirakan setiap kamar ada musrif/musrifahnya. Boleh dikatakan ini semacam kakak asrama atau pengasuh asrama di kamar masing-masing.

Lantas apa yang harus kamu khawatirkan di Mahad Jamiah

Tidak ada yang harus dikhawatirkan ketika anda berada dalam asuhan mahad jamiah, mungkin kalau anda rindu untuk pulang masih bisa meminta izin kepada ustazd yang bertugas sebagai penanggung jawab asrama, tentunya dengan alasan yang jelas. Kalau anda di asrama anda masih bisa dengan leluasa belajar, berdiskusi dan membangun pertemanan sehingga jiwa sosial anda dapat terbangun dengan baik.

Kekhawatiran anda jauh dari orangtua karena berasrama pada hakikatnya adalah sebuah kecengengan anda dan kurang niat dalam menuntut ilmu. Ya…boleh dibilang juga anda mungkin kurang menyadari bahwa pentingnya belajar dengan baik. Namun tidak dipungkiri perasaan miris dan sedih karena jauh dari orangtua ini pastinya muncul karena memang itu adalah manusiawi. Tapi sebagai orang yang akan menjadi generasi bangsa anda harus siap dengan berbagai tantangan hidup ini.

Belajar Bersama dan Berdiskusi Bersama di Depan Kantin Asrama Putri

Bermahad itu adalah sebuah tantangan

Tantangan yang harus anda hadapi tentunnya adalah daya rindu dalam diri anda. Kemandirian, dan ketekunan harus menjadi prinsip anda, anda harus mencuci baju sendiri, menyetrika, merapikan sendiri diaman dulunya itu semua dibantu oleh orangtua. Tapi itu semua adalah sebuah tantangan. Yang paling penting adalah bahwa anda harus siap-siap bahwa makan sudah dimasak oleh Koki Kantin Asrama yang lezat menggugah selera anda. Ilmu sudah dimasak dan siap makan di meja kuliah oleh koki Ilmu yaitu dosen-dosen yang ikhlas.

Jadi apa yang kurang menurut anda adalah sesuai yang harus anda syukuri, Jangan takut segera setelah anda melihat pengumuman kelulusan anda di SPAN PTKIN untuk mencari waktu daftar ulang untuk melegalkan anda menjadi mahasiswa yang benar-benar menjadi mahasantri di Mahad Jamiah IAIN Padangsidimpuan. Ayo berasrama, mahad jamiah, its my dream, its mydestination.

Bagikan Artikel ini