Pelajaran Cara Meminum Kopi Yang Benar | PDM Coffee
Alexandra Pane

Sunday, November 7, 2021

 

Tampilan PDM Coffee siap diminum.

Pernahkan kamu merasakan kenikmatan secangkir kopi di dinginnya suasana hari. Mungkin ini adalah minuman yang pas untuk anda nikmati. Penulis kali ingin bercerita tentang sebuah pesantren modern yang mahsyur di Sumatera Utara, dimana kami bersama dengang tim humas dari IAIN Padangsidimpuan diberikan kesempatan untuk berkunjung ke pesantren tersebut. Inilah Pesantren Modern Darul Mursyid yang terletak di Desa Sidapdap Simanosor, Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara – Indonesia.

Perjalanan kali ini memang cukup jauh dari Padangsidimpuan, karena ini merupakan daerah yang sedang berkembang, ya boleh dikatakan sudah maju sebenarnya dari segi perekonomian masyarakatnya. Wilayah daerah ini subur dan rata-rata masyarakat digerakkan perekonomian dibidang pertanian.  Tujuan kami sebenarnya berangkat ke Pesantren Modern ini adalah untuk liputan tentang seseorang yang menjadi wisudawan terpilih menjadi wisudawan yang berprestasi. yang bernama Asef Syafaat. Alumni dari Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. 

Kami disambut oleh unsur pimpinan di Pesantren tersebut dengan sangat hangat ditengah suasana dinginnya cuaca karena berdekatan dengan perbukitan. Satu hal menarik jujur selama ini memang saya tidak terlalu menyukai suguhan minuman bernuansa kopi. tetapi kali ini memang rasanya berbeda, suguhan kopi nikmat harum ini memnggugah selera saya, ini kok beda ya...

Sembari dijelaskan oleh unsur pimpinan dari Pesantren Modern Darul Mursyid bahwa ini adalah daerah kopi, dimana peran pesantren selama ini telah menjadi pondasi penopang bagi kesejahteraan masyarakat. Beliau menjelaskan bahwa adanya pembangunan pabrik kopi yang dikelola pemilik yayasan terbukti nyata dapat memberikan kontribusi ekonomi kerakyatan. Perusahaan kopi bermerk PDM Coffe tersebut telah melakukan pembinaan kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan, pembinaan dan membentuk komunitas kopi. ya begitulah....

Satuhal yang menarik bagi saya yang kurang menyukai kopi sebenarnya adalah cara menikmati kopi itu sendiri. Ada satu penjelasan menarik dari tata cara memimun kopi yang selama ini belum pernah saya dengan dari siapapun atau barangkali tuturialnya dari internet. Lantas bagaimana sebenarnya cara meminum kopi agar lebih nikmat dan dapat memahami rasa perbedaan kopi....Simak ulasan saya ya...

1. Kopi harus di mimun dalam keadaan masih hangat. Sebab jika kopinya sudah dingin rasa kopinya bisa tidak baik untuk pencernaan. atau barangkali rasa kopinya tidak enak lagi.
2. Suara bibir ketika memimun kopi harus terdengar seeeemprr.tt...kira-kira begitulah dalam "menyesep" dalam istilah angkola. 
3. Minum sedikit-sedikit jangan minum banyak-banyak. sebab kalau minumnya banyak-banyak tidak akan dapat merasakan pahitnya dan manisnya kopi.
4. Layaknya cinta dalam ungkapan salah seorang teman bahwa minum kopi harus dengan kehangatan dan kemesraan. dimana tidak secara langsung habis, harusnya perlahan-lahan saja sambil menikmati, sebatang rokok (bagi perokok), cemilan, dan pembicaraan maupun perbincangan hangat bersama dengan orang lain, seseorang, atau siapa saja lawan bicaranya. Jangan menikmati kopi ketika sendirian. kecuali anda sedang ingin begadang mengejar berbagai tugas.

Itulah beberapa tips yang saya dapatkan dari pencita kopi dalam perbincangan di Pesantren Modern Darul Mursyid. Awalnya saya hanya mencoba saja- apa memang demikian. Tetapi jujur saya jadi ketagihan apalagi bersama isteri dan juga teman-teman.

Demikian dulu tulisan ini, mungkin apabila anda tertarik untuk beli PDM Coffee beli langsung di PDM COFFEE




0 Comment