Alexandra Pane

Thursday, August 19, 2021

Foto: kominfo.go.id

Mengenal Media Sosial

Media sosial atau disingkat dengan sebutan sosmed ini sangat bermanfaat sebagai media komunikasi penghubung dengan audiens yang berfungsi sebagai media edukasi, media promosi, diseminasi cara berinteraksi, dengan berbagai khalayak yang berbeda dan beragam. Media sosial sering digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebar konten-konten negatif yakni berupa hoax, pesan bermuatan ujaran kebencian, memfitnah dengan sosmed, berita dan informasi untuk provokasi, dan sebagainya. Hal ini sangat berbahaya yang berpotensi memicu pertikaian dan ujaran kebencian, serta kemarahan, yang menyebabkan adanya pemecah persatuan bangsa.

Perkembangan teknologi informasi telah meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial sebagai salah satu sumber informasi yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama di masa pademi. Jika kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna terminologi media sosial adalah halaman yang berupa aplikasi untuk memungkinkan pengguna dapat menulis isi atau content sesuai dengan apa yang dipikirkannya dalam postingan media sosial. 

Gohar F. Khan dalam bukunya secara simple, media sosial atau sosmed adalah sebuah platform berbasis jaringan internet yang sangat mudah digunakan dan menjadikan pengguna untuk dapat membuat konten, berbagi konten dan berinteraksi dengan pengguna sosmed lainnya (berupa informasi, opini, dan minat) dalam cara yang beragam (dapat berupa konten pendidikan, kritis, saran, sindiran dan sebagainya) kepada komunikan yang lebih banyak . Oleh karena itu, penggunaan media sosial dapat dijadikan sebagai media pembaharuan ke arah positif dan juga mempunyai efek dahsat sehingga proses perubahan dan penyampaian pesa yang terjadi tidak berhenti pada satu orang, oknum atau organisasi pokok saja tetapi juga pada khalayak ramai jika pesan tersebut adalah difokuskan untuk konsumsi publik.

Meskipun banyaknya pengertian media sosial ini memang sangat mudah kita temui di internet. Namun jika diriset lebih mendalam, pada dasarnya kita dapat menemukan term yang paling umum tentang sebuah platform media sosial untuk dikategorikan menjadi aplikasi media sosial.

Saat ini, ada banyak platform media sosial yang tersebar di internet, sebut saja youtube, facebook, twitter, dan instagram sebagai platform terbesar saat ini.. Berdasarkan karakteristik sosial media yang sebelumnya telah dibahas, bahwa media sosial memiliki karakteristik dan jenisnya. Sebagaimana paparan ahli yang bernama Kaplan dan Andreas menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya terbilang cukup mudah beradaptasi denganberbagai jenis-jenis media sosial yang saat ini. 


Foto: kumparan.com

Manfaat Media Sosial

Sebagai salah satu wujud perkembangan teknologi informasi dewasa ini, platform media sosial banyak menawarkan berbagai manfaat bagi para pengguna terutama bagi kalangan sosialita yang hidup tanpa sosial media dan promosi. Manfaat media sosial bagi pengguna secara garis besar dapat dibagi kedalam dua kelompok, yaitu manfaat bagi Individu seperti artis dan freelacer dan organisasi kelompok seperti organisasi, perusahaan dan institusi

Manfaat penggunaan media sosial bagi individu: 

Media komunikasi berbasis digital

Media sosial membantu pengguna dapat berinteraksi dengan penggermar, audiens, atau siapa pun dan kapan pun melalui koneksi jaringan internet. 

Sarana pembelajaran dan pengembangan diri khususnya bagi pelajar dan guru

Perkembangan ini menjadikan guru juga sangat membutuhkan sosial media sebagai media pembelajaran, serta platform untuk berinteraksi dengan siswanya. Hal ini meningkat terutama saat masa pandemi, dimana sosmed menjadi media komunikasi dalam pembelajaran.

Media hiburan bagi penselancar internet

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat kita telah menjadikan media sosial sebagai tempat hiburan seperti film, video, dan juga media interaksi dalam aktivitas sehari-hari. 

Membuka informasi lapangan pekerjaan bagi freelancer online. 

Informasi cepat tentang pekerjaan yang lahir dari perkembangan media sosial yang terus menerus sharing informasi tentang pekerjaan. Berkat sosmed informasi lapangan pekerjaan cepat menyebar, dimana sebagai contoh adanya youtube menjadi profesi muncul konten creator youtube yang dapat menghasilkan uang.

Adapun manfaat penggunaan media sosial bagi organisasi dan institusi pemerintah juga adalah sebagai media komunikasi promosi dan pemasaran.

  1. Media komunikasi kepada para anggota organisasi, atau stackholder, saat ini hampir semua organisasi memanfaatkan media sosial sebagai saluran komunikasi digital mereka dengan masyarakat.
  2. Media pemasaran tentang produk atau layanan. Hal ini karena jangkauan media sosial yang luas telah menjadikan sosmed sebagai salah media komunikasi untuk penjualan dan pemasaran digital saat ini. khususnya bagi para organisasi, artis, lembaga dan institusi.

______________

Demikianlah tulisan kali ini semoga bermanfaat, untuk tulisan selanjutnya silahkan follow dan ikuti informasinya.


0 Comment