Alexandra Pane

Monday, June 28, 2021



Buya Hamka pernah berkata kalau hidup hanya sekedar hidup babi hutan pun kalau kerja hanya sekedar bekerja keras di hutan pun bekerja. Banyak sekali orang menghabiskan hidup mereka dengan tidak menjadi apa-apa, pasrah dengan keadaan yang terjadi, serta yang paling mengenaskan adalah mereka hidup dengan belas kasihan orang lain. Mereka hanya berjuang untuk bertahan hidup, bukan berjuang untuk hidup yang luar biasa Jika anda ingin menjalani kehidupan yang hebat. Jangan biarkan diri Anda dikendalikan oleh hal-hal ini; yang pertama adalah masa lalu anda, yang kedua adalah pendapat dan penilaian orang lain, yang ketiga adalah keyakinan yang terbatas, yang keempat adalah hubungan percintaan, dan yang kelima adalah uang.


Masa Lalu anda harus diarsipkan

Jangan biarkan masa lalu anda mengontrol masa depan anda. Apapun yang terjadi di masa lalu biarlah berlalu tinggalkan rasa sakit di masa lalu Anda. Sehingga Masa Lalu Anda tidak akan dapat merusak masa depan anda tinggalkan kegelapan masa lalu anda. Sehingga kegelapan tersebut tidak bisa menghalangi cahaya masa depan yang anda perbuat. Masa Lalu Anda sudah hilang. Apapun yang terjadi apakah masa lalu itu tidak adil kejam suram. Apapun masalah di masa lalu itu, kalau anda menghidupkannya kembali tidak akan ada gunanya untuk dirimu. Jika ada seseorang yang ada di masa lalu anda melakukan kesalahan. Cara Anda untuk bisa menang adalah Anda harus melepaskannya dan Anda harus terus maju. Jika anda hidup dalam kebencian, merekalah yang menang. Jika anda hidup seolah-olah anda yang menjadi korban dalam cerita anda kepada orang lain. Jika anda ingin menang Lupakanlah, maafkanlah, dan fokus untuk membangun masa depan Anda mulai dari sekarang. Jangan izinkan kisah masa lalu, merusak momen hidup anda sekarang.


Jangan fokus mengurus penilaian orang lain sehingga mengontrol anda

Penilaian orang lain mengontrol orang hidup anda, ini sangat fatal. Keinginan untuk menyesuaikan diri dengan apa yang orang lain, mau tidak mau dapat menyebabkan Anda menempuh jalan yang tidak anda inginkan. Penilaian orang lain harus anda hindari dengan cara apapun. Kita butuh orang lain untuk menilai, tapi bukan untuk mengontrol hidup kita. Sebelum anda melakukan sesuatu tanyakanlah pada diri Anda, apakah yang saya lakukan ini karena saya ingin benar-benar melakukannya?, atau saya melakukan ini karena takut akan penilaian orang lain terhadap saya?. Kita dilahirkan karena sesuatu alasan. Kita dilahirkan untuk berkembang dihargai dan dicintai karena apa adanya diri kita. Jangan redupkan cahaya anda hanya terkena cahaya kehidupan orang lain yang membosankan, bersinarlah terang dengan apa yang Anda inginkan. Buatlah cahaya itu cantik bersinar dengan cahaya yang anda buat sendiri.

Jangan batasi pikiranmu out of the box

Tanpa kita sadari Kita hidup selalu dibatasi oleh keyakinan kita sendiri. Tanpa kita sadari, Kita sering mendengarkan nasihat dari orang lain yang tidak pernah menggapai impian dia. Kamu tidak bakal bisa, kamu tidak akan mampu, sudahlah, itu kan…. mereka, bukan Kamu, akhirnya secara tidak sadar itu membuat yakin kita menjadi rendah. Bahkan kita menjadi orang yang pesimis terhadap hidup kita sendiri, tidak ada yang tidak bisa anda lakukan, tidak ada yang tidak bisa anda miliki, karena kita diciptakan sebagai pemimpin di muka bumi ini. Tidak ada yang tidak mungkin bagi kita, Insya Allah…. Anda harus percaya pada diri Anda sendiri. Apa pun bisa menjadi mungkin ketika anda mengubah keyakinan anda dari terbatas menjadi tidak terbatas. Karena potensi yang Tuhan berikan kepada kita tidak ternilai. jika kita menjalani hidup seolah-olah biasa-biasa apa saja. Jadi mungkin bayangkan apa yang bisa kita lakukan keajaiban akan terus bersama kita, apabila kita tidak membatasi semua pikiran. Pikiran kita seperti pepatah mengatakan ketika tidak ada musuh di dalam, musuh di luar tidak akan pernah membahayakanmu. Ketika anda tidak memiliki bagian dari dalam yang tidak bisa menahan anda. tidak ada bagian yang dari luar yang mampu menahan Anda, juga seluruh hidup Anda akan berubah. Begitu Anda memutuskan untuk merubah pola pikir Anda. Lepaskanlah batasan yang ada dalam pikiran anda. Lepaskanlah dan lihat apa yang terjadi.


Hubungan silaturrahmi dipererat

Hubungan dalam pembahasan ini memang sangat sensitif, tetapi Ketika anda selalu beranggapan bahwa untuk bahagia dan untuk merasa lengkap Anda harus memiliki hubungan dengan orang lain. Memakan selangkah lagi Anda akan jatuh ke lubang kehancura. Bayangkan Apa yang terjadi jika orang itu pergi ? atau hubungan yang anda lakukan tidak berjalan dengan apa yang Anda mau. Anda akan hancur karena bagi anda, untuk bahagia harus bersama dia harus bersama orang lain. Bukan maksud saya untuk menyatakan hubungan itu tidak penting, karena salah satu kekuatan terbesar di dunia ini adalah cinta dan kasih sayang. Pembahasan ini ditujukan kepada orang-orang yang beranggapan bahwa mereka tidak bisa hidup bila tidak memiliki hubungan dengan orang lain. Orang-orang yang beranggapan kalau sendiri itu tidak baik atau hina. Orang yang hebat tidak membutuhkan orang lain untuk membuat dia bahagia, karena datang dari orang lain dan ketika saatnya, anda harus memiliki hubungan dengan orang lain bukan karena anda ingin bahagia, tetapi karena anda ingin berbagi kebahagiaan kepada orang yang benar-benar ada cintai. Berjuanglah bersama orang yang mau sama-sama berjuang. Bukan dengan orang yang hanya mau diperjuangkan.


Jadilah orang yang memiliki banyak uang

Uang inilah yang mengendalikan mayoritas manusia di Planet ini. Apa itu uang, maksudnya ini tidak berarti Anda tidak boleh mempunyai uang yang banyak, ini tidak berarti bahwa uang itu jahat. Kita sama-sama tahu, apa yang bisa kita lakukan bila kita punya banyak uang. Berapa banyak orang yang dapat dibantu, bila kita punya banyak uang. Maksudnya adalah jangan izinkan semua keputusan Anda dikendalikan oleh uang. Jika Anda memilih sesuatu hanya karena keuntungan uang yang anda bisa dapatkan anda, sudah membuat hati dan berniat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada orang setiap saat, dan anda mengerjakan semua pekerjaan Anda itu dengan segenap jiwa dan raga anda. Maka uang akan mengalir lebih banyak daripada apa yang Anda perkirakan. Sekecil apapun uang yang anda punya, Insya Allah akan cukup untuk hidup, tapi sebesar apapun uang yang anda miliki itu tidak akan cukup jika anda hanya ingin memenuhi gaya hidup. Jangan berpikir bahwa uang adalah segalanya atau Anda akan terjatuh untuk melakukan segalanya demi uang. Jadi tantang diri anda untuk hidup di dalam hidup yang benar-benar anda inginkan dan bebas dari kendali apapun. Carilah kebebasanmu dan hiduplah sepenuhnya.


0 Comment