Alexandra Pane

Thursday, March 4, 2021

Seringkali handphone kita full memory penyimpanan. Ini terjadi karena keterbatasan penyimpanan terutama  pada saat menjepret dengan foto seperti biasa atau memvideokan moment penting. Ini menyebabkan salah satu penyebab full memory penyimpanan. Bayangkan jika kamera handhpone dengan kualitas megapixel yang tinggi misalnya 32 megapixel, maka sekali jepret akan menghasilkan foto ukuran 4-6 MB perfoto. Jika dikalikan misalnya saja sekali jepret 5 MB (baca: megapixel) maka ruang tersedia 16 GB (baca: gigabite) maka hanya bisa menampung 300-400 foto saja. Tetapi jika menggunakan menyimpan video tentunya akan lebih cepat lagi untuk kehabisan memori penyimpanan ponsel. 

Pada tulisan kali ini kami akan mencoba mengulas tentang tehnik menjadikan penyimpanan melalui aplikasi WhatsApp dengan tujuan untuk menghemat memori penyimpanan. Jika menggunakan WA (baca: WhatsApp) maka hasil dari jepretan kamera akan langsung di kompres mejadi hanya 300-600 KB (baca: kilobite) saja. Inilah 

Beberapa kelebihannya adalah memanfaatkan WA untuk menyimpan foto dengan dokumentasi hasil kerja pribadi dengan mudah dan hemat kapasitas penyimpanan. Beberapa langkah-langkah yang harus ditempuh adalah:

1. Membuat grup WA Pribadi yaitu anggota dari grup adalah diri kita pribadi saja. 

Caranya ikuti langkah-langkah berikut:
a. Klik Settingan titik tiga di sudut kanan WA maka muncul seperti tampilan dibawah ini:


b. Pilih grup baru kemudian anda nanti akan menampilkan nomor-nomor kontak yang ada. 

Pilih saja satu nomor kontak saja yang bisa anda percayai atau nomor lain anda sebagai sarat saja untuk bisa membuat grup saja. Sebagaimana tampilan di bawah ini telah memilih satu kontak (1) terlihat ada satu yang terpilih kontak yang dimaksud (2) dan selanjutnya menuju (3) untuk melanjutkan.


c. Silahkan buatkan nama WA Grupnya. 

Tipsnya adalah sesuaikan nama WA Grupnya dengan kebutuhan anda. 


Semisal anda ingin dokumentasi laporan yang berisi dokumen laporan harian anda, buat namanya "Dokumentasi Laporan". ini contoh saja. Jika sudah berhasil membuat grup sebagaimana tampilan dibawah ini.


d. Silahkan keluarkan nomor yang menjadi anggota group tadi agar WA grup

Tujuannya agar WA Grup tersebut menjadi privat yang mana anggotanya hanya anda sendiri. caranya klik anggota dan klik keluarkan (nama anggotanya). sebagaimana tampilan dibawah ini.



Lantas apa tujuannya dengan buat grup tang mana hanya kita saja yang aktif sebagai anggotanya saja. Lah...ini opo toh mas....mas...wait moment later. Next...


2. Jika sudah berhasil untuk membuat WA grup privat. 

Silahkan kirimkan secara langsung ke grup tersebut berbagai file foto yang anda dokumentasikan. pada pentunjuk gambar di bawah ada angka 1 untuk mengirimkan file dan angka 2 anda dapat menjepret dan langsung bisa dikirimkan ke WA Grup.



3. Kemudian jepret foto secara langsung melalui WA GRUP tersebut. Kemudian kirimkan secara langsung foto ke dalam grup. 


4. Maka secara otomatis foto yang terjepret melalui aplikasi WA akan lebih terkompres sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan ponsel anda. Coba perhatikan ukuran gambar yang ada dalam data WA dari sekian MB menjadi Kb.



Langkah-langkah di atas sebenarnya dapat dilakukan dalam rangka untuk peyimpanan dokumentasi kegiatan pribadi atau personal. Silahkan dibuat untuk laporan anda dalam LKP online anda bagi para dosen atau pegawai. Jika masih bingung dengan masalah download file dari grup tersebut silahkan cari tulisan dalam web ini telah kami sediakan disini


Hal selanjutnya yang kelebihan dari cara ini adalah bahwa segala bentuk dokumentasi kegiatan telah tersimpan dengan rapi dan lengkap, maka hal yang pelu dilihat adalah bahwa setiap foto atau pesan akan muncul tanggalnya sesuai dengan waktu dikirim dalam Grup WA tersebut.

=============================
Demikianlah tulisan ini semog bermanfaat bagi para teman-teman dan saudara sekalian. Apabila ada yang kurang lengkap dan jelas silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

0 Comment