Alexandra Pane

Sunday, March 7, 2021



Di RM Sopo Saba ada beberapa sajian menu yang menjadi andalan rumah makan berkonsep makan di tepi sawah ini. Rumah makan yang terletak di Jalan Lopo Ujung, Pudun Julu, Padangsidimpuan ini sekitar 5 Km dari pusat kota telah menjadi primadona bagi warga dan pecinta kuliner Padangsidimpuan. Suasana persawahan dan sopo atau pondok ditepi sawah menjadi daya tarik yang mengundang selera untuk menikmati santapan makanan yang disajikan. Penulis telah beberapa kali ke sana dan mengecek kebenaran ini. Telah saya tuliskan tentang hal tersebut pada postingan sebelumnya. 
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja menu yang populer di sopo saba. Inilah beberapa menu populer di sopo saba sebagaimana dilansir dari facebook sopo saba sebagai berikut.

1. Sop Daging Sapi

Sop Daging Sapi ini dikenal sangat lezat dengan tambahan cabe rawit dan jeruk nipis. Salah satu menu Andalan di RM Sopo Saba. Dagingnya yqang lembut dan kuahnya yang gurih, kadang-kadang membuat kita ketagihan. Cuma bagi yang punya tekanan darah tinggi awas jangan sampai terlalu. 

2. Ikan Cencen Goreng pake Sambal


Ikan cencen adalah ikan sungai yang berukuran kecil, lebih enaknya jika ikan ini digoreng agar duri ikannya menjadi krispi dan renyah. Lebih sedap lagi dengan cocolan sambal cabe merah goreng pedas bersama dengan suapan nasi putih di tepi sawah. emmm...uhh...pedas krispiii.

3. Ayam Geprek dengan sambal pedas


Ada juga, dan merupakan salah satu menu andalan di RM Sopo Saba. Ayamnya Gurih dan sambalnya Peedaasnya. Memang menu ini terkenal di berbagai rumah makan, kedai nasi, lesehan dan juga kafe-kafe di Kota Padangsidimpuan. Namun menu yang dihidangkan di Sopo Saba identik dengan khas Padangsidimpuan yaitu pedas. memang awalnya menu ini ada rasa manisnya sih....menurut penulis kali. menurut kamu gimana....coba aja dulu.

4. Sambal Belut Tempe Cabai Ijo

Menurut aku jarang sih kita jumpai belut dengan jabe hijau serta paduan tempe. Kurasa inilah khas dari Sopo Saba ini. Rasa belut goreng yg gurih dengan tempenya trus di masak dengan sambal ijonya. Makanan ini memang cocoknya menurut saya bisa dinikmati bersama dengan nasi putih dan sayur bening. Tabo nai...

5. Belut Rendang campur Kentang


Rendang memang kesukaan saya. Sebenarnya rendang bisa apa saja campurannya atau tambahannya sebagai bahan kedua. Banyak orang pake kacang merah, kentang atau telor. Nah Rendang Belut ini saya suka dengan campuran Kentangnya. Semuanya dibalut dengan kuah yang kental bermiyak. Ini cocoknya dimakan bersama dengan sayur Daun Ubi Tumbuk, atau Daun Kates atau batangnya juga. Ummm....sepp.

6. Ikan Teri Sambal Pati dengan Tempe


Hidangan yang satu ini yang membuat saya ketagihan. Ikan Teri sambal Pati dengan adanya Jengkol Tubruk dan bawang Batak memberikan aroma yang khas Padangsidimpuan. Ketika menikmati ini saya merasa seakan makan di Rumah Sendiri ditambah dengan angin sepoi dari persawahan. (sudah saya buat tulisan ini sebelumnya klik di sini) Ini menu favorite saya, yang jarang ditemui di rumah makan manapun di Kota Padangsidimpuan. Selain menu di atas masih banyak lagi menu-menu lainnya yang ada di Sopo Saba.

=============================
Demikianlah isi dari tulisan saya ini semoga dapat menjadi rujukan bagi anda dalam bersantap dan berkuliner ria di Kota Padangsidimpuan. Kota Salak, Kota Pendidikan, Kota Bersinar. Jangan lupa untuk share dan bagikan ke teman-teman dan grup anda.




0 Comment