Alexandra Pane

Friday, February 26, 2021

Seiring dengan perkembangan teknologi nirkabel, tentunya telah memudahkan kita untuk berkomunikasi dan berbagai data. Kita memang terkadang mengalami kendala terutama ketika kita lupa membawa kabel usb handhpone untuk ekstract data dari handhpone ke laptop atau PC. Sebuah teknik yang baru kita sebenarnya bisa mengambil data dengan bantuan aplikasi WHATSAPP. Dengan memanfaatkan WhatsAppWeb kita kan hanya bisa melihat isi dari WA di laptop atau PC saja. Jadi bagaimana caranya untuk mendownload data......Sabar....saya sedikit cerita dulu.....

Beberapa hari yang lalu saya kesulitan mengumpulkan hasil dokumentasi dari para tim promosi yang mana kebiasaan kita memang ketika ada tugas kelompok tentunya ada grup WAnya dibuat untuk memudahkan koordinasi. Setiap tim berangkat ke tempat tugas yang berbeda-beda. Ketua panitia waktu itu memberikan instruksi agar semua anggota tim harus mengirimkan dokumentas foto ke grup WA. Dimulailah semua tim berangkat ke tempat kerja masing-masing di kerja yang berbeda-beda. Dalam jangka tiga hari pelaksanaan tugas tersebut telah terkumpul sekitar 300 foto dan video dalam grup WA tersebut. wah...dalam pikiran saya ini file dokumentasi harus disimpan sebagaimana instruksi dari atasan. Saya sebenarnya agar kebingungan. Waktu itu tidak bawa kabel usb handphone. Terpaksalah saya harus membuka WA melalui WHATSAPP WEB dan mendownload satu persatu foto sebanyak 300 file. Tapi saya punya solusi lain....gimana ya...simak selanjutnya.

Nah....itulah memang sekilas permasalahan yang saya alami. Hari ini saya ingin berbagai tentang solusi jitu dalam mengatasi permasalahan ini.


Adapun untuk mendownload data seluruh foto dari Grup WA tersebut saya melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka WhatsApp Web sebagaimana gambar di atas. Kemudian buka grup WA yang dimaksudkan. kemudian lakukan scroll dari bawah ke atas agar semua pesan baik foto atau video yang ada di Grup WA muncul.


2. Jika seluruh pesan dalam grup WA bisa dibuka dan diakses maka silahkan mengklik nama judul Grupnya  sehingga muncul sidebar kanan yang menampilkan info dari grup, sebagaimana tampilan contoh di bawah ini.


3. Coba kita menuju pada sidebar info grup WA. Perhatikan ada tulisan "Media, Links and Docs" silahkan klik tulisan tersebut (sebagaimana gambar di atas)  nanti akan menampilkan seluruh isi data dalam grup tersebut. Sebagaimana tampilan di bawah ini.


4. Jika sudah muncul sebagaimana tampilan gambar di atas, maka kita bisa mengarahkan pointer mouse untuk mencentang foto atau video yang akan didownload. Setelah dicentang maka dapat mengklik Icon Download di sebelah kanan atas, sebagaimana tampilan di bawah ini:



Jika sudah mengklik tombol download di atas maka yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Jika foto dan datanya sangat banyak maka sabar ya nanti proses download masih akan dikonversi jadi menunggu sebentar
  2. Hasil download foto atau video akan secara otomatis menjadi file ZIP (file archive) secara keseluruhan.
  3. Hal ini memudahkan kita agar bisa mendownload secara keseluruhan data kiriman pada Grup WA.
  4. Cara yang ada dalam tutorial ini digunakan untuk jenis file media dan dokumen, jadi jika ingin mendownload chatnya maka silahkan ekstract chat melalui pengaturan saja.

============================

Demikianlah tutorial kali semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan untuk memberikan komentar dan permintaan tutorial anda. Bagikan juga artikel ini kepada teman-teman anda.












0 Comment