Alexandra Pane

Saturday, December 12, 2020

 

Foto : Ilustrasi Penggunaan Blogspot

Blogspot merupakan layanan blog yang dimiliki oleh Google yang didirikan pada tahun 1999. Awalnya, platform CMS blogspot adalah media yang digunakan menjadi sebuah catatan harian yang di internet yang dibuat oleh Pyra Labs. Awalnya Blogspot ini adalah sebuah perusahaan di Amerika Serikat tepatnya di San Francisco. Karena platform ini terus berkembang keberbagai penjuru dunia, perusahaan ini dilirik oleh Google.Inc. Hingga kemudian perusahaan tersebut diakusisi dan menjadi bagian dari Google. Salah satu kelebihan dari sistem yang dibangun oleh Pyra Labs ini adalah manajemen konten (CMS) ini adalah sistem yang mudah dan dapat dibuat dalam hitungan menit.


Setelah bergabung dengan Google, kemudian Blogspot ini dalam terintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Adwords agar pengguna blogspot dapat beriklan, Adsense sebagai program patner periklanan google dimana blogger dapat menghasilkan uang dengan iklan yang terpasang di blog. Selain itu, berbagai layanan lainnya dapat terintegrasi dengan Blogspot, seperti Analytic, Search Console, dan apps lainnya. Dalam perkembangannya, blog tidak hanya digunakan untuk kepentingan/ kebutuhan pribadi, karena blog adalah alat yang dapat  digunakan untuk berbagai macam tujuan.Untuk itu sekarang ini banyak sekali jenis-jenis blog yang bisa dikelola. 


Sebagai sebuah layanan untuk ngeblogging dan berkarya serta berkreasi di dunia maya, tentu blogspot memiliki beberapa manfaat untuk para penggunanya. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Blogspot dapat berguna bagi siapa saja dalam berlatih kemampuan menulis.
  2. Blogspot dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar sesuai dengan bidangnya.
  3. Blogspot memudahkan pengguna untuk menimba ilmu dan berbagai ilmu pengetahuan dengan orang lain.
  4. Blogspot bagi para guru dan siswa sebagai media yang memudahkan para peserta didik untuk mengakses materi yang dibutuhkan.
  5. Blogspot bagi para kreator apa saja bisa menjadi media publikasi serta menambah kreasi dalam berkarya. 
  6. Blogspot dapat menjadikan dan mengembangkan popularitas personal branding, perusahaan, organisasi dan institusi.

Manfaat blog ini tidak hanya dirasakan oleh penggunanya saja, melainkan juga kepada pembaca blog. Adapun manfaat blog bagi para pembaca blog adalah sebagai berikut:

  1. Blogger akan mendapat banyak informasi dari weblog yang ditelah dipublikasikan.
  2. Blogger akan menjadi terlatih untuk diskusi online dan memberikan komentari dari artikel atau tulisanyang yang dipublis.
  3. Blogger dapat menjalin pertemanan sesama blogger sehingga dapat menjalin silaturrahmi berbasis online.
  4. Blogger dapat sharing informasi lebih efektif dan efisien karena memang media blog ini adalah jangkauannya tidak terbatas oleh jarak, ruang dan waktu.

Dalam penggunaan blog tentu terdapat kelebihan dan kekurangnnya. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Adi Onggoboyo dalam Nasrullah, menyatakan bahwa dengan memiliki blog banyak hal positif yang dapat dijadikan sebagai kelebihan dalam menggunakan blog, antara lain:

  1. Meningkatkan gairah hidup.
  2. Lebih disiplin.
  3. Semangat prestatif.
  4. Menjalin dan memperbanyak relasi.
  5. Rajin menulis.
  6. Lebih kreatif.
  7. Menambah berbagai wawasan.
  8. Lega bisa berbagi. 

Sedangkan hal negatif yang dapat dijadikan sebagai kekurangan dalam menggunakan blog, antara lain:
  1. Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik atau bahkan antar peserta didik itu sendiri.
  2. Diperlukan kecepatan akses internet yang memadai agar proses pembelajaran menggunakan media weblog (blog) dapat berjalan dengan lancar.
  3. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal. 

0 Comment