Alexandra Pane

Tuesday, December 29, 2020

Banyak para penulis di blogspot yang tidak sadar bahwa blogger dapat dikelola oleh banyak user dengan akun gmail yang berbeda. Mengelola blogspot dengan beramai-ramai dapat meningkatkan kualitas postingan dan konten yang lebih baik. Dengan hal ini tentunya blogger dapat ditentunkan dan dimanagemen sesuai dengan kebutuhannya.


Sebaiknya blogger memang harus diupdate postingannya secara berkala. Namun jika blog tersebut dikelola oleh satu orang saja maka blog bisa jadi kadang tidak update dengan artikel atau kontennya. Blog yang secara berkala diposting artikelnya akan menjadi perhatian bagi search engine, seperti google, bing, yandex atau search engine yang lainnya. 


Kali ini saya akan menyajikan sebuah tutorial dan bagaimana mengelola blogspot secara beramai-ramai. Adapun caranya dapat memperhatikan langkah-langkah berikut.


1. Masuklah ke Menu Settings/Pengaturan kemudian scroll ke bahwa lihat adalah sub menu Permissions/Izin. Kita akan mendapati tulisan Invite more auhtor/Tambahkan lebih banyak Penulis. seperti di bawah ini.


3. Coba anda klik Invite more auhtor kemudian anda isikan alamat gmail yang akan ditambahkan seperti gambar di bawah ini:


4. Setelah mengetik emailnya silahkan klik Send sebagaimana gambar di bawah ini:


5. Pada gmail akan muncul notifikasi gmail untuk bergabung sebagaimana gambar di bawah ini:



6. Kemudian mengklik terima undangan. Selanjutnya akan diarahkan pada tampilan berikut ini:


7. Setelah itu, maka akan diminta masuk ke blogger. Silahkan klik Masuk. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini;


8. Kemudian klik terima undangan agar bisa bergabung menjadi penulis dalam blogspot tersebut. Sebagaimana tampilan di bawah maka kita sudah bisa masuk ke dalam blog pengelola sebagai Auhtor atau penulis saja. Jadi tidak sebagai admin. Maka muncul dibawah berbagai menu standar saja. Kita hanya bisa menulis dan tidak bisa menghapus atau mengubah-ubah setelan atau settingan blog tersebut. 



9. Jika kita ingin menjadi admin dalam blog tersebut maka pengelola blog/admin blog harus masuk kembali ke menu Settingan-Permissions-Pending Author Invite sebagaimana tampilan dibawah ini. Kita bisa menghapus, mengubah menjadi admin atau author saja.


10. Jika sudah diubah menjadi admin maka seluruh menu settingan akan bisa di akses oleh yang menerima atau author yang sebelumnya di tampilkan. Sebagaimana tampilan di bawah ini.

Keterangan:

Dapat kita lihat bahwa semua menu dapat diakses oleh admin baru yang anda tambahkan dalam blog anda. Perlu diketahui bahwa pengelolaan blog ini secara beramai-ramai harus melalui persetujuan dari admin sebelumya. Jika posisi admin dalam hal ini bisa menambahkan secara langsung author atau admin baru. 

Jika ada pertanyaan dan permasalahan bisa dikomentar di bawah ini. Demikianlah tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi anda. 


0 Comment