Alexandra Pane

Tuesday, December 29, 2020


Ada berbagai jenis blog sesuai dengan penggunaannya. Penggunaan blog dalam media publikasi sebenarnya bermacam-macam dan berjenis-jenis. Ini tergantung dari untuk apa dan bagaimana blog tersebut digunakan. Berikut jenis-jenis blog tersebut.


a. Blog Pribadi

Pada awal kemunculannya blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi, seperti menggunakan blog untuk menulis ceritacerita pribadi yang dapat diakses secara online.Sehingga disebut juga sebagai buku harian online yang berisikan tentang pengalaman sehari-hari, certita tentang persahabatan, atau bahkan tentang kisah asmaranya.


b. Blog Link

Blog Link adalah dimana para pengguna blog (blogger) dapat memanfaatkan salah satu fitur yang terdapat hyperlink, yang memungkinkan penggunannya untuk mencantumkan berbagai link dari halaman website tertentu. Fitur ini memungkinkan dan mengarahkan pengunjung juga secara hyperlink untuk mengunjungi website lain.


c. Blog Politik

Blog ini berisi tentang berita, aktivis, politik, kampanye dan semua persoalan yang berkaitan dengan politik. Telah banyak orang menjadikan blogspot ini sebagai media resmi dari para Caleg, Calon pemimpin, dan berbagai tokoh politik. Ini memang terjadi karena sistem yang mudah dan fleksibel dari segi keamaan dan perayapan google yang mudah karena sudah terintegrasi.


d. Blog Bertopik

Blog bertopik ini adalah blog yang membahasa mengenai sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Terkadang ini bisa kita jumpai bahwa ada satu blog khusus yang  menceritakan tentang satu permasalahan, atau memuat isi topik tertentu, seperti halnya bila kita bisa melihat ini bahwa blog tersebut berisi satu buku atau satu model tertentu.(niche).


e. Blog Sastra

Blog yang berisi tentang sastra ini lebih dikenal dengan sebutan litblog (literary blog) dikalangan para blogger.


f. Blog Kesehatan

Pada blog ini lebih spesifik membahas tentang kesehatan. Blog kesehatan ini berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan tentang kesehatan, dan lain-lain.


g. Blog Bisnis

Blog ini biasa digunakan oleh wirausahawan atau pegawai untuk kegiatan mempromosikan bisnis mereka.


h. Blog Pengejawantahan

Fokus blog ini adalah tentang objek diluar manusia, seperti pembahasan tentang tanaman, binatang, dan lain-lain.


i. Blog Riset atau Penelitian

Blog ini berisi tentang konten-konten yang sifatnya adalah penelitian atau riset. Fokusnya memang secara umum adalah tentang akademisi, berita tentang riset, hasil riset dan publikasi. Biasanya blog ini adalah dikembangkan oleh para peneliti, dosen berprofesi peneliti, dan akademisi. 


j. Blog Pendidikan

Blog pendidikan digunakan oleh para pendidik, dosen, guru atau mungkin bagi para siswa atau peserta didik. Materi konten dalam blog pendidikan ini adalah konten yang berisi untuk menunjang pendidikan dan pembelajaran. Terutama pendidikan yang berbasis online. Dimana guru dapat memposting materi pendidikan, materi pembelajaran dan informasi tentang pendidikan. 


k. Blog Media

Blog dengan pemanfaatannya adalah sebagai media online. Dimana blog ini nantinya dikenal sebagai media online yang memuat berbagai informasi, seperti berita, artikel, opini dan lifestyle. Biasanya konten dalam blog ini terkait dengan pemberitaan tentang informasi terkini dan teraktual. 


Itulah dia beberbagai jenis blog sesuai dengan kegunaannya. Mungkin pembaca punya saran dengan tulisan ini dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.

=================================

Tulisan Sebelumnya 

Sejarah dan Kelebihan Blogspot

0 Comment