Alexandra Pane

Wednesday, November 4, 2020

 Seringkali kita mendengar berita bahwa akun WhatsAppnya telah di cracker orang tidak dikenal dan mengambil alih atas kendali Nomor WA yang kita punya. Ini adalah ironi.........namun ini barangkali karena berbagai hal seperti:

  1. Keteledoran dalam menginstall aplikasi yang mencuri data ,
  2. Ditipu oleh para pembobol agar kita mengirimkan sms kode WA yang dengan berbagai dalih seperti hadiah pulsa, token listrik gratis, paket  data gratis.
  3. Handphone dan nomor telepon kita barangkali telah dicuri orang lain
  4. Teledor saat membagi link malware, bahkan ada informasi yang dibagikan digrup dengan iming-iming mendapatkan paket data murah bahkan gratis.

Ini hanya contoh yang saya alami sendiri, karena saya bukan ahli di bidang Informasi Teknologi yang berkaitan dengan keamanan. Namun berbagai cara tentang melindungi WA dari ancaman para penjahat ini telah ada dalam fitur pengaturan WA. 

Ini disebut dengan Verifikasi Dua Langkah. Jadi fitur ini adalah pin rahasia ketika akan login ke WA di berbagai device atau perangkat lainnya. Jika seandainya WA kita dibuka orang lain dan mengetahui kodenya. Pembobol harus mengetahui pin rahasia yang kita tanamkan dalam akun kita. Kecuali ya pin tersebut telah anda sebarkan. Sesekali memang ketika kita membuka WA anda disodorkan untuk memasukkan Pin. Ya gakapalah kan sesekali...............

Lanjut pada cara melindunginginya....ada beberapa langkah yang harus kita lakukan dengan WA anda...



  1. Pertama anda buka WA seperti biasanya akan ada titik tiga di samping kanan atas seperti foto di atas. Klik itu ya....nanti munculnya jadi seperti ini:


  2. Silahkan pilih Setelan sehingga muncul menjadi tampilah seperti di bawah ini:


  3. Kemudian pilih Verifikasi dua Langkah




  4. Klik Aktifkan pada tombol bawah......


  5. Buatkan Pin Rahasia Anda sebanyak 6 Digit Nomor.....dan kemudian klik Lanjut


  6. Kemudian Ulangi lagi untuk konfirmasi Pin Kembali yaitu mengetik ulang pin  yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian Klik Lanjut


  7. Selanjutnya muncul untuk memasukkan email anda. Ini tujuannya untuk konfirmasi email tentang pin yang telah kita buat. Ini ada adalah opsional saja. Jika ingin diisi atau klik Lewati  tidak apa-apa. Dengan catatan bahwa pin yang dibuat jika suatu saat tidak bisa dibuka bisa dikonfirmasi melalui email untuk login WA.


  8. Jika langkah sudah selesai maka akan muncul seperti tampilan berikut:
    Pada langkah terakhir ini apabila ingin mengubah pin maka anda bisa mengklik Ubah Pin  atau menonaktifkan.

 
Catatan penting dalam WhatsApp yang Setting PIN Rahasia

  1. Bahwa pin WA ini adalah merupakan langkah untuk otentikasi penggunaan akun WA.
  2. Jika WA sudah di beri Pin Rahasia, maka WA masih bisa dibuka dengan bebas jika HPnya dipegang orang lain. Jadi usahakan jangan dikasih HPnya kepada orang jika da privasi anda.
  3. Pertama kali WA dibuka biasanya akan meminta kode pin,
  4. Pada jangka waktu tertentu WA akan meminta Pin, tidak sering-sering juga sih..........
  5. Sesekali WA akan meminta kode Pin Rahasia anda....seperti berikut ini

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat. Bagi yang WAnya di bajak orang lain silahkan masuk kembali seperti biasanya dengan memverifikasi ulang WA dan memasukkan kode konfirmasi WA. Kemudian untuk secepatnya dibuatkan pin. Jangan tunggu lama-lama....Selamat Mencoba.


2 Comment - Cara Mudah Melindungi Akun WhatsApp Agar Tidak Ambil Alih dengan PIN Rahasia

  1. Sedang marak penipuan di daerahku.
    Tiba2 ada orang yang chat minta kode konfirmasi WA. Terus beberapa orang yang berhasil dimintai kode. Kebingungan. Lantas mengirip pesan whatsapp ke orang lain untuk meminta dikirimi uang.

    Tetanggaku ada yang kena tipu, saldo atm di bank, ludes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemarin ada teman saya yang WAnya kena bajak...jadi saya berpikir kalau ini tidak bisa dibiarkan...banyak memang masyarakat yang kurang paham dengan fitur WA yang ada untuk keamanan

      Delete