Alexandra Pane

Tuesday, November 24, 2020

Dalam kehidupan ini manusia selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan dan kesulitan hidup. Kita memang ingin menggapai kesuksesan, namun kita harus berani menghadapi cobaan dan rintangan untuk mencapainya. Karena hidup adalah ujian untuk menentukan kita menjadi manusia yang seperti apa dan menjadi apa. Melalui tulisan ini penulis bisa berharap dapat berbagai cara dan pemikiran dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup ini.


1. Your not alone  in sadness

Kamu tidak sendirian (banyak yang lebih susah darimu). sebuah ungkapan bagi anda yang sedang sedih dan menderita di suatu tempat. Cobalah untuk keluar dari tempat anda, lihatlah dunia, tetangga, masyarakat, dan alam sekitar anda. Bukalah pikiran anda tentang kesedihan and. Cobalah untuk merenung sejenak bahwa anda sebenarnya adalah tidak sendiri dalam kesedihan, ada banyak orang lain yang mungkin bernasib sama dengan anda. Catatan jangan selalu merasa diri paling susah di dunia ini.


2. There must be wisdom

Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita adalah memiliki hikmanya. Segala yang menimpa anda akan memberikan suatu yang lebih bermakna dalam hidup anda. namun terkadang hikmah itu tidak datang waktu kita inginkan, Hikmah ini akan hadir jika kita membuka hati dan pikiran dengan penuh syukur kepada Allah Swt. 


3. Always believe and hope 

Sebagai hamba-Nya kita harus menyakini dengan sepenuh keyakinan bahwa akan ada harapan untuk berbagai cobaan yang diberikan-Nya. Yakin akan ada hikmah dibalik cobaan berat yang kita alami, dan sebaliknya akan ada juga cobaan dibalik kebahagiaan yang kita milik. Jadi rumusnya berharap dan yakinlah kepada Allah Swt, gantungkan harapan dengan husnuzzhon.


4. Your gift will definitely be yours

Rezki tak akan kemana-mana. Dia akan selalu menyertaimu hingga ajal menjemputmu. Sebuah hadiah misalnya jika memang itu adalah rizki yang diberikan Allah apapun jalanya akan sampai di tanganmu. Malaikat pengantar rizki atau pengantar laknat atau juga pengantar cobaan tidak akan salah alamat. 


5. See how the world works

Kenalilah hakikat dunia, duniamu berada, alam sekitar kamu, orang-orang disekitar kamu, perasaan kamu, bahkan kamu harus bisa mengenali pikiran kamu sendiri, Insya Allah pasti kamu tenang. Ingatlah wahai teman-teman, sahabat, semuanya, para pembaca bagi anda orang yang beriman, bahwa dunia ini bukanlah tempat kesenangan yang hakiki. Dunia ini adalah ladang amal atau dengan bahasa lain adalah tempat bekerja, berusaha, beriktiar, dan mengejarkan segala sesuatunya sebagai kadar hamba. Maka kenalilah tugas dan tanggung jawab anda sebagai hamba yang Maha Kuasa, agar ada amal atau hasil pekerjaan yang bisa sebagai  bukti kehambaan kita kepada-Nya.  


6. You are not an enemy of God

Berprasangka baiklah kepada Rabb'mu Allah. Allah tidak pernah membencimu, apalagi meninggalkanmu. Ingatlah akan firmannya "Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu". (QS. Adh-Dhuhaa :3). Jika kamu adalah bukan musuh Tuhan, dan tidak juga orang yang berputus asa sehingga melecehkan dirimu sendiri.


7. God chooses the best for you

Yang dipilihkan Allah untukmu pasti lebih baik daripada pilihanmu untuk dirimu sendiri. Orang yang diuji masalah itu orang Istimewa-Nya, Lihatlah para nabi, para Rasul, para syuhada, para ulama, para shalihin, orang-orang yang berhasil dalam dunianya. Mereka tidak luput dari hinaan, cercaan, makian, konspirasi dan bahkan kezaliman orang lain terhadapnya. Ini adalah pertanda bahwa sesuatu ini dipilihkan Allah Swt diantara banyak cobaan yang ada sesuai dengan kadar kemampuan hambanya. Nah bagi siapa yang sabar, akan muncul hikmah, akan muncul kesadaran baru, atau sebaliknya. Intinya jika sabar maka surga menanti. 


8. Behind the troubles there is a convenience

Semakin sulit ujian berarti semakin dekat jalan keluar. Ingatlah bahwa dibalik kesulitan itu ada kemudahan, dan dibalik kemudahan itu ada kesulitan. Mungkin bacaan tentang QS. Al-insyirah :5-6 dapat menjadi ingatan penting dalam menghadapi kesulitan. Ini adalah janji Allah bagi para hamba yang sabar. Sabar dalam melaksanakan perintah-Nya, sabar juga menjauhi larangan-Nya atau barangkali Sabar dalam menghadapi suatu masalah sesuai dengan petunjuknya dalam Al-Quran, Hadis, atau sunnah Rasululullah Swt atau juga sesuai hukum Syariah Islam.


9. Allah always prepares a solution

Allah yang Maha Rahman dan Rahim tidak selalu membiarkan hambanya yang bertakwa selalu dalam kesulitan tanpa ada arah. Dia adalah Dzat yang selalu mengawasimu dan mendengar doa-doamu. Untuk itu jangalah berputus asa dengan rahmat-Nya. Segala kesulitan pasti ada jalan menuju kemudahan. Sekarang pertanyaannya adalah apakah anda selalu melihat buku petunjuk yang Dia berikan, apakah anda selalu berkonsultasi dengan para Utusan-Nya yang menjadi sokoguru kehidupan. Untuk itu wahai saudara, teman, sahabat, dan semuanya kuncinya adalah dengan membuka mata hati untuk belajar dan bertakwa kepada Allah Swt. Bukankah Dia Dzat yang Maha Kuasa mengatakan bahwa orang yang bertakwa akan mendapatkan jalan keluar dari kesulitannya dengan cara yang tidak bisa diperhitungkan atau dengan cara yang luar biasa. Marilah kita membuka QS. Ath-Thalaq :2-3.


10. Do not stop praying and trusting

Jika memang ada jaminan dengan ketakwaan akan memudahkan masalah. Maka tugasmu sebagai hamba adalah jangan berhenti bekerja, berhenti berpikir, berhenti belajar, berhenti menyakini, serta jangan lupa doa kepada Dia yang Maha Mendengar dan Rabb Tuhan Sekalian Alam.  Ingatlah firmannya yang menyerukan kepada Orang-Orang beriman agar mereka memohon pertolongan dengan mengerjakan shalat dan bersabar. Ingatlah dalam QS. Al-Baqarah :153.

=========================================

Semoga saja artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang dalam kesusahan dan kesedihan. Jangan lupa juga bagikan artikel ini kepada teman-teman agar dapat bermanfaat juga bagi orang lain.

Demikian terima kasih, jika ada pertanyaan dan tanggapan atau kesalahan dalam penulisan mohon dikoreksi melalui tanggapan dan komentarnya di kolom komentar.


0 Comment