Alexandra Pane

Thursday, October 29, 2020

Blog personal adalah publikasi karya dan hadil buah pikir dari seseorang secara online. Kegunaan blog ini memiliki banyak fungsi diantaranya adalah publikasi ilmiah, galeri informasi dari kegiatan, media pembelajaran, media dakwah, dan juga tempat menjual berbagai produk. Kegunaan ini memang tergantung pada si pengguna blog atau penulis blog. 

Penggunaan blog ini menggunakan berbagai platform seperti blogspot, milik google, weebly, wordpress, drupal, dan sebagainya. Ada memang layanan blog ini yang berbayar dan ada juga yang gratisan. Pembahasan kali ini adalah platform gratis yakni blogspot. Blog dengan menggunakan layanan blogspot ini sangat populer. Cukup mudah menggunakannya yakni cukup membuat akun google dan kita bisa menikmati dengan membuka url www.blogger.com. Kita bisa sign in dengan akun gmail. Untuk domainnya dapat membeli domain dari perusahaan jasa hosting yang menjual domainnya.

Terlepas dari itu, manfaat penggunaa  blogspot ini yang akan penulis jelaskan yakni:

1. Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah ini sangat penting bagi para dosen dan peneliti. Dimana dosen dan peneliti dapat membuat reposting ulang terkait jurnal yang pernah diterbitkan pada media publikasi jurnal ilmiah. Seperti contoh bahwa jurnal yang terbit dapat mempublis paling tidak informasi jurnal seperti abstraknya dengan mencantumkan link publikasinya. Bisa juga artikel yang diterbitkan di media online dengan mencantumkan link menuju media tersebut. Tujuannya membuat ini adalah dimana kita membranding semua hasil karya ilmiah pada satu rumah yakni blog pribadi. 

2. Galeri Informasi Kegiatan

Bagi tokoh tertentu atau juga siapa saja yang membutuhkan brand image pribadi ini menampilkan hasil kegiatan yang akan dapat dilihat secara publik. Publikasi hasil kegiatan ini juga sebagai portifolio, seperti halnya misalnya apa yang telah dikerjakan selama ini, seperti apa gambaran tentang kualitas seseorang dapat dilihat dari hasil kerja dalam bentuk kegiatannya.

3. Media Pembelajaran Berbasis Online

Blog ini cenderung memuat berbagai materi pembelajaran. Ini bisa diterapkan bagi para guru dan dosen. Ini nantinya akan mempermudah sharing materi pelajaran bagi siswa yang belajar secara daring. Cara sederhananya dengan membuplikasikan materi di blog dan membagikan linknya kepsa siswa atau mahasiswanya. Jadi siswa bisa dengan mudah mempelajari dan membaca materinya. Selain itu dosen dalam hal ini tidak harus mengirimkan file melalui grup WhatsApp tetapi cukup share saja. Inilah yang memungkinkan para pendidik dapat melaksanakan secara daring berbasis blog.

4. Media dakwah

Meskipun zaman ini telah mengubah cara dai dalam menyampaikan pesan dakwah, namun ini sebenarnya tidak menjadi hambatan. Materi dakwah yang dipublish bisa berupa teks, audio, atau video. Perkembangan dakwah media online ini telah banyak dikembangkan oleh para dai dengan membuka layanan konsultasi melalui blog, layanan pertanyaan, layanan support berbagai masalah dakwah yang dihadapi berbagai ummat masa kini. 

5. Online shopping

Media blog ini seperti halnya blogger ini bisa digunakan untuk menjual berbagai produk. Online shop ini menjadi populer di kalangan milenial masa kini. Blog sebagai sarana dalam berjualan tentunya harus menghadirkan teknisi IT yang memahami tentang penggunaan sistem blog. Memang banyak template blogger yang bisa dibeli dengan format online shop.

Demikianlah berbagai kegunaan blog dalam membentuk personal branding. Penjelasan ini memang tidak semuanya. Namun kami mencoba melalui tulisan ini dapat memberikan gambaran sederhana bagi anda. 

Semoga bermanfaat. Silahkan tuliskan berbagai kegunaan lainnya pada kolom komentar di bawah.

1 Comment:

  1. Thanks for sharing this information. I really like your blog post very much. You have really shared a informative and interesting blog post . brand names on sale

    ReplyDelete